DJ Tiara Eve Membawa Ibunda Manggung Agar Tahu Pekerjaannya sebagai Disc Jockey Bukan Senang-senang

Wayan Diananto | 4 Maret 2017 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nestiara Octaviani (28) alias Tiara Eve memulai karier sebagai DJ (Disc Jockey-red) sejak 10 tahun lalu. Kala itu, ia tidak tahu seperti apa kehidupan malam di Jakarta dan bagaimana seorang DJ bekerja.

Salah satu sahabat di sekolah, kemudian mengajari Tiara mengoperasikan peranti disc jockey. Dengan kepiawaiannya, Tiara mengisi minornya DJ perempuan di Tanah Air. Dalam hitungan bulan, ia kebanjiran pekerjaan.    

“Padahal cara bermain saya masih berantakan banget. Cuma karena DJ cewek di Jakarta belum banyak, maka saya dapat panggilan lagi dan lagi. Setelah tiga bulan, saya mulai fasih memadupadankan musik. Saya belajar autodidak,” cerita Tiara di Jakarta Selatan. 

Perlahan nama Tiara mengangkasa. Tawaran manggung tidak hanya datang dari Jakarta. Sejumlah daerah di luar Jawa mulai memperhitungkan sepak terjangnya di dunia malam.

Honor yang semula dua juta rupiah sekali manggung mulai berlipat ganda. Awalnya ibunda Tiara, Lianti, tidak setuju putrinya bekerja hingga dini hari. 

Namun Tiara meyakinkan Lianti bahwa profesi DJ yang ditekuninya tidak seburuk yang disangka orang.

“Waktu itu mama bersikeras agar saya berhenti dari pekerjaan ini. Lalu saya bilang kepada mama: gini aja. Kalau enggak percaya, silakan ikut dan cek suasana kerja saya seperti apa,” sambung ibu satu anak ini. 

Tiara membawa serta Lianti ketika manggung di luar Jakarta. Lianti melihat sendiri putrinya mempersiapkan diri sebelum naik panggung hingga selesai manggung keesokan harinya. Saat itulah mata hatinya terbuka. Dalam perjalanan pulang menuju Jakarta dengan pesawat, Lianti tidak kuasa menahan air mata. 

“Akhirnya Mama tahu menjadi DJ itu bukannya senang-senang. Mama sedih karena saking sibuk kerja dan terkena angin malam, saya tidur mendengkur. Menjadi DJ itu pulang pagi sementara karyawan kantoran berangkat kerja pagi-pagi. Profesi yang saya tekuni tidak sama dengan DJ yang selama ini asal-asalan mengiringi orang tripping,” papar Tiara, panjang.  

 

(wyn/gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor : Wayan Diananto