Big Hit Kembali Tolak Tudingan Plagiarisme di Album Foto dan Videoklip BTS

Rizki Adis Abeba | 25 Februari 2019 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Big Hit Entertainment kembali membuat pernyataan resmi menanggapi tudingan plagiarisme oleh fotografer asal Perancis, Bernard Faucon. Pada Senin (25/02), Big Hit Entertainment membantah bahwa pihaknya menjiplak karya Bernard Faucon di album foto dan videoklip grup BTS.

Sebelumnya, Bernard Faucon mengklaim bahwa beberapa foto di album foto BTS yang berjudul The Most Beautiful Moment in Life” yag dirilis 2016 dan beberapa adegan di videoklip “Blood Sweat & Tears” menjiplak latar gambar dan struktur produksi proyek seninya pada tahun 1978 yang berjudul “Summer Camp” dan sebuah karya seni berjudul “The Banquet”.

Menurut Bernard Faucin, busana yang dikenakan pada mannequin, gambar latar, dan bebrapa elemen lain di foto dan videoklip BTS sangat mirip bahkan seperti replika dari karya-karyanya. Bernard Faucin bahkan menuding judul album foto BTS, “The Most Beautiful Moment in Life”, juga meniru judul proyek film miliknya yang berjudul “The Most Beautiful My Youth” yang syutingnya dilakukan di 25 negara sejak 1997 hingga 2003.

Namun semua tudingan Bernard Faucon dibantah tegas oleh Big Hit Entertainment. “Setelah membaca berita yang dirilis hari ini, kami menyampaikan pendapat kami bahwa klaim adanya kesamaan yang diajukan oleh sebuah galeri pada September tahun lalu tidak valid,” bantah Big Hit Entertainment.

Pada September tahun lalu, Bernard Faucon meminta Big Hit Entertainment untuk meminta maaf dan memberikan kompensasi terhadap plagiarisme ini, namun Big Hit Entertainment menolak. Big Hit menyatakan bahwa foto dan klip dari album itu tidak mirip dengan karya Faucon. Dan karena hal-hal yang diklaim Bernard Faucon sebagai karyanya merupakan hal yang umum dalam pembuatan film, Big Hit Entertainment tidak merasa melanggar hak cipta.

Setelah tuntutan permintaan maaf dan kompensasi terhadap Big Hit Entertainment tidak ditanggapi, Bernard Faucon mengirim surat tulisan tangan pada Oktober 2018 yang meminta agensi untuk menunjukkan bahwa mereka telah terinspirasi atau bahwa ide-ide itu adalah penghormatan terhadap karyanya. Namun lagi-lagi Big Hit Entertainment bersikukuh bahwa karya seni yang ditampilkan di foto dan videoklip BTS tidak ada sangkut pautnya dengan karya seniman lain.

Menanggapi penolakan Big Hit Entertainment untuk yang kesekian kalinya, Bernard Faucon berencana mengadakan konferensi pers pada bulan April untuk mengeluarkan pernyataan tentang BTS.

(riz/ari)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait