Cerita RM BTS yang Jadi Robot Pencipta Lirik di Album Map of the Soul: Persona

Rizki Adis Abeba | 24 April 2019 | 10:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seperti yang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya, setiap kali BTS merilis album baru, sang leader RM selalu melakukan siaran langsung V Live dan membahas tuntas mengenai album baru BTS dan berdiskusi mengenai apapun dengan para penggemar atau disebut Army. Pada Selasa (23/4), RM muncul dalam siaran V Live dan membahas soal album Map of the Soul: Persona yang merupakan album pertama dari serial album BTS selanjutnya.

Album Map of the Soul: Persona sendiri kini telah menempati peringkat pertama di Billboard 200 dan menjuarai tangga lagu resmi di Inggris serta mencetak rekor penjualan album tercepat versi situs penjualan album Hanteo dengan angka 2,1 juta kopi dalam waktu seminggu.

RM mengatakan dalam penggarapan album Map of the Seoul: Persona, ia menggarap hampir semua liriknya dan ini menjadi rekor terbanyak dari album-album BTS sebelumnya. “Saya menulis 80 hingga 90 persen liriknya, kecuali bagian rap Suga dan J-Hope,” ungkap RM yang menyebut dirinya seperti ‘lyric bot’ atau robot (pembuat) lirik. Meski mengaku cukup kelelahan, RM sangat puas melihat hasil kerja kerasnya di album Map of the Soul: Persona.

Bicara mengenai konsep album, RM menceritakan, ia memilih tema mengenai ‘persona’ atau citra diri karena di kehidupan masyarakat saat ini, persona sangat penting untuk menunjukkan jati diri seseorang. “Bagi saya, persona adalah semacam topeng yang digunakan di dalam masyarakat. Sebuah topeng bisa menjadi hal yang baik atau buruk, namun ini adalah sesuatu yang kita butuhkan ketika hidup di tengah masyarakat. Persona saya, adalah RM,” urai RM.

(riz/ari)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait