10 Penyanyi Idola K-Pop Ini Latihan Kurang dari 6 Bulan Sebelum Debut (Bagian 3-Habis)

Rizki Adis Abeba | 19 Juni 2019 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Para penyanyi idola Korea umumnya harus menjalani masa pelatihan atau menjadi trainee selama bertahun-tahun sampai akhirnya dinyatakan layak debut oleh agensi. Selama masa pelatihan, para trainee dituntut untuk mengembangkan potensinya dalam bernyanyi, menari, bermusik, hingga mengatur konsep penampilannya sebelum akhirnya debut menjadi artis.

Kebanyakan penyanyi idola Korea menjalani masa pelatihan lebih setahun, bahkan ada yang melebihi 10 tahun pelatihan. Sebut saja G-Dragon yang menjalani masa trainee selama 11 tahun karena ia masih berusia delapan tahun saat diterima audisi di YG Entertainment. Selain itu ada Jihyo TWICE yang menjadi trainee selama sepuluh tahun, YoonA SNSD selama tujuh tahun, Johny NCT selama sembilan tahun, dan masih banyak idola lainnya.

Sebaliknya, ada pula penyanyi idola yang lebih beruntung karena hanya melewati masa pelatihan yang sangat singkat bahkan tidak sampai enam bulan. Kendati masa pelatihannya singkat, para penyanyi idola ini bisa dikatakan sukses dalam menjejakkan karier di industri musik Korea dengan persaingannya yang sangat ketat. Siapa saja penyanyi idola top Korea yang melewati masa pelatihan kurang dari enam bulan?

Jiwoo KARD: 2 Bulan

Kematangan vokal, tarian, dan kepribadian Jiwoo di atas panggung membuat banyak penggemar takjub ketika mengetahui fakta bahwa ia hanya menjalani masa pelatihan selama dua bulan sebelum debut bersama grup KARD. Yang mengejutkan, Jiwoo bahkan langsung diminta untuk mengisi vokal di single “Oh Na Na!” di hari yang sama saat ia mengikuti audisi!

Ryeowook Super Junior : 2 Bulan

Pada 2004, Ryeowook membuat agen kasting SM Entertainment terpesona dengan suaranya sehingga ia segera diminta untuk menandatangani kontrak untuk bergabung dengan agensi raksasa Korea itu. Lebih dahsyat lagi, Ryeowook langsung diajak rekaman untuk Super Junior di hari yang sama setelah ia menandatangani kontrak!

Yura Girls Day: 1 Bulan

Pesona dan bakat Yura di dunia musik sudah sangat menonjol sejak ia masih duduk di bangku sekolah. Yura sudah mendapat banyak tawaran untuk mengikuti kasting, namun pilihannya akhirnya jatuh pada agensi Dream T Entertainment di mana ia hanya membutuhkan waktu sebulan sebelum akhirnya debut bersama grup Girl’s Day.

Yeeun Wonder Girls: Tidak Sampai Satu Minggu

Kisah debut Yeeun bersama grup Wonder Girls bisa dibilang kasus istimewa di industri hiburan K-Pop yang amat mementingkan persiapan dan konsep yang matang dalam mendebutkan seorang artis. Namun Yeeun langsung diresmikan bergabung dengan grup Wonder Girls hanya beberapa hari setelah menandatangani kontrak dengan JYP Entertainment.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait