Polisi yang Tangani Skandal Burning Sun Mengunduran Diri, Ada Apa?

Rizki Adis Abeba | 2 Juli 2019 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kwak Jeong Ki, polisi yang menjabat sebagai Kepala Divisi Investigasi Departemen Kejahatan Cyber di Kantor Kepolisian Seoul, mengumumkan rencana pengunduran dirinya pada Senin (01/7). Pengunduran diri Kwak Jeong Ki memicu keterkejutan publik sebab ia adalah polisi yang saat ini sedang menangani kasus besar nan menghebohkan, yakni skandal Burning Sun.

Publik pun bertanya-tanya, ada apa di balik pengunduran diri Kwak Jeong Ki? Apakah berkaitan dengan skandal Burning Sun yang melibatkan artis Seungri dan pengusaha Yoo In Suk tersebut?

Saat dihubungi oleh media Seoul Shinmun, Kwak Jeong Ki tak memungkiri kasus Burning Sun membuatnya mengalami masa-masa paling melelahkan sepanjang kariernya sebagai polisi.

“Saya tidak bisa beristirahat selama 16 tahun berkarier sebagai polisi jadi saya berencana untuk memulai babak kedua dalam hidup saya. Ketika menangani kasus Burning Sun, saya bekerja siang dan malam selama tiga bulan tanpa ada akhir pekan, bahkan saya juga membawa pekerjaan ke rumah. Keluarga saya mendukung saya (untuk berhenti bekerja) dan saya juga berpikir belum terlambat untuk memulai karier yang baru,” urai Kwak Jeong Ki.

Ketika ditanya apakah pengunduran dirinya berkaitan dengan dugaan yang berkembang di publik bahwa polisi telah melakukan kolusi dalam kasus Burning Sun, Kwang Jeong Ki mengatakan dugaan tersebut tidak berkaitan dengan keputusannya untuk mengundurkan diri.

“Saya tidak membuat keputusan ini karena masalah itu, tapi saya juga tidak bisa mengatakan bahwa hal tersebut tidak memberikan efek. Saya menerima banyak panggilan telepon dari orang-orang di sekitar saya yang mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap pengakuan sepihak tersebut,” kata Kwak Jeong Ki.

Skandal Burning Sun sendiri muncul setelah seorang pria bernama Kim Sang Kyo melapokan tindakan pengeroyokan yang ia alami di kelab malam Burning Sun yang merupakan salah satu bisnis yang dikelola oleh mantan personel Big Bang, Seungri. Tidak hanya melaporkan pengeroyokan, Kim Sang Kyo juga menuding pihak Burning Sun bekerja sama dengan petugas kepolisian dalam melakukan kekerasan terhadap dirinya, juga menduga telah terjadi praktik perdagangan dan penggunaan narkoba serta prostitusi di dalamnya.

Namun dalam perkembangannya kasus Burning Sun meluas dan menguak berbagai skandal kejahatan yang terungkap dari percakapan di grup obrolan Kakaotalk milik Seungri. Seungri sendiri kini masih menjalani proses hukum dengan tujuh tuduhan tindak pidana termasuk dugaan penyedia layanan prostitusi, penggelapan uang perusahaan Burning Sun, upaya penggelapan pajak di kelab Monkey Museum, hingga pembuatan dan penyebaran konten foto dan video mesum secara ilegal.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait