Bukan RM, Inilah Personel BTS yang Memiliki Penghasilan Pribadi Paling Tinggi

Rizki Adis Abeba | 2 Juli 2019 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai boy band paling populer dan berpengaruh di kancah musik dunia saat ini, tidak mengejutkan jika BTS disebut-sebut sebagai grup K-Pop berpenghasilan tertinggi. Sebagai grup, BTS menghasilkan setidaknya 60 juta dollar AS atau Rp848,2 miliar dalam setahun. Namun di luar penghasilan dari kegiatan BTS, masing-masing personel mempunyai penghasilan sendiri yang jumlahnya berbeda-beda. Siapa personel dengan penghasilan tertinggi? Ternyata bukan sang leader sekaligus pencipta lagu, RM, melainkan J-Hope.

Personel BTS memperoleh penghasilan pribadi di luar kegiatan BTS dengan jumlah rata-rata yang hampir sama, diperkirakan mencapai 8 juta dolar AS atau Rp113 miliar dalam setahun. Namun berbeda dengan rekan-rekannya, penghasilan yang diperoleh J-Hope ditaksir mencapai 12 juta dolar AS atau Rp169 miliar!

“Alasan mengapa penghasilan pribadinya sedikit lebih tinggi daripada personel lain adalah karena kesuksesan J-Hope dalam merilis solo mixtape-nya, ‘Hope World’,” ungkap seorang sumber dari industri musik.

J-Hope jelas bukan member pertama bukan pula satu-satunya yang merilis solo mixtape. Sebelumnya, Suga dan RM juga pernah merilis karya-karya pribadinya dalam bentuk mixtape. Namun mixtape milik J-Hope, Hope World, bisa dikatakan sebagai mixtape paling sukses dengan debut di peringkat ke-63 di tangga lagu Bollboard Hot 200 dan menembus peringkat ke-38. Single utama berjudul “Daydream” juga telah diputar lebih dari 35 juta kali di Spotify. Tak pelak, pundi-pundi uang J-Hope terus mengalir dari lagu-lagu di mixtape-nya tersebut.

Kendati telah memiliki karier yang sukses dan penghasilan berlimpah, J-Hope tetap dikenal sebagai pribadi yang sederhana dan peduli. Ia aktif memberikan donasi di sejumlah kegiatan amal. Pada Februari tahun ini, J-Hope menyumbangkan uang sebesar 100 juta won atau senilai 1,2 miliar rupiah untuk membantu anak-anak yang kurang mampu melalui yayasan amal ChildFund Korea. Salut.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait