BLACKPINK Jadi Girlband K-Pop Pertama di Puncak Chart Billboard 200

Asteria Dalila | 27 September 2022 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - BLACKPINK mencuri perhatian publik dunia lewat album terbaru mereka, BORN PINK. Album tersebut berhasil merajai chart Billboard 200.

Diketahui, Billboard 200 merupakan chart berisi daftar album paling populer di Amerika Serikat. Secara resmi, Billboard mengumumkan chart pekan ini dirajai oleh BLACKPINK.

Lewat ranking tersebut, BLACKPINK menjadi artis K-Pop perempuan pertama yang berada di posisi pertama chart Billboard 200. Tak hanya itu, mereka juga menjadi girlband pertama dunia yang menempati posisi puncak sejak 2008 yang ditempati oleh Danity Kane lewat album Welcome to the Dollhouse.

Berdasarkan data dari Luminate, BORN PINK mencetak angka 102 ribu penjualan setara album selama sepekan hingga 22 September 2022. Skor total album tersebut terdiri dari penjualan album fisik sebanyak 75 ribu dan 25 ribu streaming.

Lewat pencapaian tersebut, BLACKPINK juga mengalahkan rekornya sendiri. Sebelumnya, THE ALBUM, yang menjadi album penuh pertama Jennie Cs setelah debut, menempati posisi kedua di chart Billboard 2020.

Sebelumnya, BLACKPINK juga memecahkan rekor penjualan album selama sepekan di Korea Selatan. Secara resmi Hanteo Chart mengungkap angka penjualan album BORN PINK yang mencapai angka penjualan 1,5 juta hanya dalam waktu sepekan (antara 16 hingga 22 September 2022).

BLACKPINK tak hanya mengalahkan rekor mereka sendiri sebelumnya, lewat album THE ALBUM yang terjual 680 ribu copy di pekan pertama. Mereka juga mengalahkan rekor yang dicapai aespa yang berhasil menjual album Girls sebanyak 1,1 juta copy dalam sepekan.

Penulis : Asteria Dalila
Editor: Asteria Dalila
Berita Terkait