Uang 71 Miliar Hilang karena Ditipu Orang, Jackie Chan Kalem : Mereka Enggak Tambah Kaya, Saya Enggak jadi Miskin

Binsar Hutapea | 17 Januari 2022 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktor Jackie Chan mengaku tak pintar mengelola uang. Akibatnya, Jackie pun sering menjadi korban penipuan. Dalam autobiografi Jackie Chan: Never Grow Up, Only Get Older, Jackie mengatakan pernah ditipu kolega sampai temannya sendiri.

Jackie merinci salah satu kasus penipuan yang dialaminya. Suatu kali menginvestasikan sebidang tanah di Hong Kong. Ia kemudian menghubungi seorang arsitek yang mengaku kenal baik dengan sang pemilik tanah. Jackie lantas membayar uang muka dan mencicil tanah itu selama bertahun-tahun, sambil menunggu persetujuan dari otoritas untuk bisa mendirikan bangunan di tanah yang dibelinya.

Belakangan, Jackie mengetahui bahwa ternyata tidak pernah ada permohonan untuk mendirikan bangunan di tanah itu. Bahkan si pemilik tanah tak pernah tahu kalau Jackie membeli tanahnya. Setelah diusut, ternyata semua uang itu di bawa kabur sang arsitek.

Bila ditotal, dari beberapa kasus penipuan yang menimpanya, kerugian yang dialami Jackie melebihi 5 juta dolar AS atau lebih dari Rp71 miliar.   Meski begitu, Jackie santai. Ia menyebut penipuan itu sama sekali tidak membuatnya kehabisan duit. “Begitu banyak orang membohongi saya, namun mereka tidak pernah menjadi lebih kaya,” katanya. “Saya sering ditipu, tetapi saya tidak menjadi lebih miskin,” sebut bintang Rush Hoour Ini. 

Bila ditotal, jumlah kerugian yang dialami Jackie melebihi 5 juta dolar AS atau lebih dari Rp71 miliar.   Bisa jadi Jackie bersikap santai karena uang 71 miliar sebenarnya relatif kecil untuknya. Betapa tidak, pria yang sekarang berusia 67 tahun ini ditaksir mempunyai kekakayaan 400 juta dolar AS atau Rp5,7 triliun dari penghasilannya sebagai bintang film selama lebih dari 5 dekade.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait