THINKING OUT LOUD Tersandung Isu Plagiat, Ed Sheeran Hadapi Proses Hukum

Yuriantin | 4 Januari 2019 | 15:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ed Sheeran tengah menghadapi hukum terkait isu plagiat lagu hit miliknya, Thinking Out Loud (TOL). Lagu yang rilis tahun 2014 ini dianggap mirip dengan lagu Let's Get It On (LGO), karya Marvin Gaye yang rilis tahun 1973.

Pewaris salah seorang penulis lagu LGO tersebut, Ed Townsend Jr, yang memperkarakan kasus ini ke meja hijau. Tuduhan ini dibantah Ed Sheeran dengan mengajukan permintaan pembatalan tuntutan.

Namun hakim distrik, Louis Stanton menolak permintaan pelantun Perfect ini pada Kamis (3/1) kemarin. Louis mengungkapkan para juri sebaiknya mempertimbangkan tanggung jawab yang harus dilaksanakan Ed Sheeran terkait kasus yang membelitnya ini.

Menurut Louis, ia menemukan kesamaan yang cukup signifikan antara kedua lagu tersebut. Di antaranya, melodi, ritme harmoni, nada rendah, dan perkusi.

Kendati tidak semua elemen tersebut terkait dengan hak cipta, Louis menilai kesamaan tersebut cukup untuk mengajukan sebuah tuntutan.

"Kendati dua komposisi (lagu) ini tidak sama persis, lewat pengamatan secara garis besar bisa disimpulkan bahwa bagian TOL diambil dari LGO," tulis Louis.

Ed Sheeran juga menghadapi tuntutan lain terkait lagu Thinking Out Loud. Sebuah perusahaan bernama Structured Asset Sales LLC yang memiliki sepertiga warisan Ed Townsend Jr ini juga menuntut ganti rugi Rp 1,4 triliun.

Selain itu, Ed Sheeran kini juga tengah menghadapi kasus hukum seputar hak cipta untuk lagu Photograph dan Shape of You.

(yuri / wida)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait