Donald Glover Memborong 4 Piala Grammy di Tengah Isu Plagiarisme 

Yuriantin | 28 Februari 2019 | 16:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Donald Glover (35) atau yang dikenal sebagai Childish Gambino, mencetak sejarah dalam ajang Grammy 2019. Ia menyabet piala kategori lagu terbaik dan rekaman terbaik lewat "This Is America". Ini jadi lagu bergenre rap pertama yang memenangi kedua kategori bergengsi ini. Sayangnya, lagu yang mengangkat isu rasialisme ini ditimpa kasus plagiarisme. 

Total, Donald memboyong 4 piala Grammy dari 5 nominasi yang didapatnya. Dua piala lainnya berasal dari kategori video musik terbaik dan penampilan panggung rap terbaik. Ucapan selamat menghampiri Donald. Namun sebagian lagi, menyayangkan kemenangan Donald. Pasalnya, "This Is America" dituding menjiplak lagu "American Pharaoh" (2016) karya rapper Jase Harley. 

Kasus ini pertama kali mencuat pertengahan 2018. Namun Jase menegaskan tak akan memerkarakan masalah ini ke jalur hukum. Rapper kulit hitam ini justru merasa terhormat menjadi inspirasi "This Is America". Jase berharap, dengan sama-sama mengangkat isu rasialisme warga kulit hitam di Amerika, pesan lagunya dan milik Donald bisa dicerna. “(Makna lagu) ini lebih besar daripada saya dan Donald juga lebih besar dari musik itu sendiri. Mari kita tidak teralihkan pada isu utama (rasialisme)," tulis Jase di Instagramnya Juni lalu. 

Tudingan penjiplakan ditanggapi oleh produser video musik "This Is America", Fam Rothstein. Lewat akun Twitter pribadinya Juni lalu, ia membantah tuduhan tersebut dan menyebut "This Is America" sebenarnya telah tercipta dari 3 tahun lalu dan ia memiliki data musik sebagai buktinya. Namun beberapa jam setelahnya, cuitan ini justru dihapus dan menimbulkan kontroversi. 

Kemenangan besar Donald di Grammy disambut kecewa oleh Jase lantaran ajang tahunan tersebut mengklaim kemenangan karya yang tidak orisinal. Ia juga mengkritik Donald yang absen di Grammy. Mewakili Donald, produser dan salah seorang penulis "This Is America", Ludwig Göransson menerima piala tersebut. Ia dan tim "This Is America" mengaku tak tahu keberadaan Donald.

"Seharusnya, dia hadir di sana, berada di sana untuk mereka (warga kulit hitam) namun justru saya rasa ketidakhadiran dia menunjukkan maksud hati dia yang sebenarnya," ucap Jase. Absennya Donald menimbulkan tanda tanya. Penyanyi yang juga aktor ini juga dikabarkan menolak tampil di panggung Grammy.    
 

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait