Dukung Gerakan Antivaksinasi, Netizen Kecam Jessica Biel

Hari Murtono | 13 Juni 2019 | 18:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jessica Biel dikenal sangat jauh dari pemberitaan media. Apalagi sejak menikah dengan Justin Timberlake dan memiliki seorang anak. Tapi tiba-tiba Jessica Biel terlibat dalam kontroversi yang banyak menimbulkan pro-kontra. Biel bergabung dengan advokat antivaksinasi, Robert F. Kennedy Jr.

“Mari ucapkan terima kasih kepada @jessicabiel untuk hari yang sibuk dan produktif di Gedung Negara Bagian California," kata Kennedy memposting serangkaian gambar yang menunjukkan mereka tengah berbicara dengan beberapa legislator, Selasa (12/6) lalu.

Biel datang untuk bergabung dengan para pelobi menentang SB 276, sebuah undang-undang negara yang dikritik oleh pendukung antivaksinasi seperti Kennedy. Jika RUU itu disahkan, itu akan mengurangi pengecualian medis dari vaksinasi yang tidak memiliki persetujuan dari petugas kesehatan masyarakat negara bagian. Perkiraan resmi mengatakan RUU itu akan mengurangi pembebasan medis sekitar 40 persen.

Kennedy mengatakan kepada The Daily Beast bahwa dia menentang birokrasi politik yang dia dan Jessica Biel yakini akan memaksa anak-anak untuk menerima vaksinasi. ”Masalah terbesar dengan RUU tersebut, yang menurut saya dan Biel salah, jika Anda anak-anak yang terlalu rapuh untuk menerima vaksinasi, maka RUU akan menolak dokter dan memaksa mereka untuk divaksinasi, ”katanya Kennedy. Ia juga mengatakan Biel sangat berpengetahuan luas dan dia memiliki teman-teman yang telah terluka akibat vaksin.

Pendukung vaksinasi mengatakan bahwa bukan hanya mereka yang memiliki kondisi medis terdokumentasi yang sudah dicakup oleh undang-undang, tetapi justru mereka yang belum memiliki kondisi medis untuk divaksinasi untuk menghindari infeksi.

Sementara bagi netizen, kemunculan Jessica Biel ini merupakan sebuah kemunduran. Mereka menganggap Biel salah langkah. “Sungguh tindakan yang acuh dan tak bertanggung jawab,” tukas seseorang. “Akan membuat banyak orang anak jadi korban,” balas yang lain.

(hari/bin)

Penulis : Hari Murtono
Editor: Hari Murtono
Berita Terkait