Calum Scott, Mendunia Setelah Tampil di Britains Got Talent

Yuriantin | 17 Desember 2018 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Calum Scott (30) menggelar konser di Balai Kartini, Jakarta, pada 2 Desember lalu. Konser ini termasuk dalam agenda tur Calum di kawasan Asia. Tur ini sekaligus mempromosikan album debutnya, Only Human, yang dirilis pada Maret 2018. Album yang berisi 11 lagu itu memfiturkan hit “You Are The Reason” yang membuat Calum dikenal dunia.

Karier bermusik Calum dimulai usai mengikuti ajang pencarian bakat Britain's Got Talent pada 2015. Meski tidak menjadi juara, performa Calum mencuri perhatian para juri saat audisi. Menyanyikan lagu “Dancing On My Own” milik Robyn, Calum dihadiahi tepuk tangan sambil berdiri dari keempat juri termasuk, Simon Cowell (59). 

“Bertahun-tahun berada di acara ini, saya belum pernah mendengar (suara) seorang pria dengan talenta sebesar yang kamu miliki. Sungguh, 'Dancing On My Own' versimu sangat sensasional. Itu artinya kamu lebih dari sekadar penyanyi, kamu seorang seniman,” ucap Simon yang menekan tombol emas, pertanda Calum langsung lolos ke babak semifinal.

Setelah tersingkir di babak 6 besar, Calum merekam ulang “Dancing On My Own” lalu merilisnya setahun kemudian. Lagu ini meledak di pasar dan terjual jutaan kopi di Inggris.

Pada tahun yang sama, Calum teken kontrak dengan Capitol Records, perusahaan rekaman yang menanungi sejumlah penyanyi papan atas seperti Katy Perry, Sam Smith, dan Paul McCartney. 

November 2016, Calum memperkenalkan single anyar, “Rhythm Inside.” Penyanyi kelahiran 12 Oktober ini baru benar-benar dikenal dunia setelah meluncurkan single “You Are The Reason” November tahun lalu. Meledaknya “You Are The Reason” membuat Calum makin percaya diri untuk merilis album perdana, Only Human.

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait