Daftar Transformasi Ekstrem Christian Bale Demi Tuntutan Peran 

Yuriantin | 22 Januari 2019 | 21:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memerankan mantan wakil presiden Amerika Serikat, Dick Cheney, dalam film Vice, bukan kali pertama Christian Bale mengubah fisik secara ekstrem demi peran.

Sebelum Vice, pemeran Bruce Wayne di trilogi The Dark Knight karya Christopher Nolan ini telah berulang kali menjalani transformasi karena tuntutan peran.

Dalam film Velvet Goldmine (1998), Christian rela tampil kurus untuk peran seorang jurnalis musik di tahun 1970an yang tengah menulis artikel tentang seorang penyanyi rok.

"Saya tidak merasa kesulitan untuk tidak makan," ucap Christian yang juga rutin berlari untuk menurunkan berat badannya. Perubahan juga terlihat dari model rambut dan riasan wajah ala tahun 1970an yang didukung oleh gaya busana dari tahun yang sama. 

Berlanjut pada karakter Patrick Bateman dalam American Psycho (2000). Kali ini, aktor berpostur 183 cm ini harus menaikkan berat badan untuk peran bankir pembunuh. Ia berolahraga habis-habisan sampai ototnya kekar. Christian juga rela membetulkan gigi seri atas bagian depan agar tampak rapi dan sempurna sesuai karakter yang diadaptasi dari novel Bret Easton Ellis tersebut. Keputusan Christian tepat, perannya dipuji kritikus dan sukses melambungkan namanya.  

Empat tahun kemudian, Christian meninggalkan tubuh kekarnya untuk peran di The Machinist (2004). Ia harus tampil super kurus sebagai buruh yang mengalami insomnia parah hingga kehilangan bobot tubuh secara drastis. Ia hanya mengonsumsi kopi hitam, sebuah apel, dan sekaleng tuna setiap harinya ketika diet. Hasilnya, bobot Christian 9 kg di bawah garis ideal terbawah dan juga lebih rendah dari target yang dibutuhkan. 

Setelahnya, Christian Bale hanya punya waktu 6 minggu untuk kembali berotot di Batman Begins (2005). Mengonsumsi porsi makanan yang besar dan tinggi kalori, Christian sempat sakit. "Saya sungguh merasa mual saat itu. Tapi saya menikmatinya dan saya tidak keberatan. Dalam waktu yang singkat, berat saya naik terlalu cepat dari 54 ke 81 kg. Hingga menyebabkan saya harus diperiksa beberapa dokter," aku aktor yang berulang tahun setiap 30 Januari ini.

Puncaknya, Christian Bale berhasil mengawinkan piala Oscar dan Golden Globes untuk perannya sebagai petinju dan pecandu narkoba dalam The Fighter (2010). Ia menurunkan bobotnya sebanyak 13 kg dan mengenakan gigi palsu.

Tiga tahun kemudian, ia mencapai berat 103 kg untuk beradu akting dengan Bradley Cooper dalam American Hustle (2013).

Memasuki usia 40 tahun, Christian Bale sadar tubuhnya sulit beradaptasi dengan penambahan dan penurunan bobot yang drastis. Namun nyatanya ia masih tetap memukau lewat peran Dick Cheney.

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait