Mahershala Ali Minta Maaf Pada Keluarga pianis jaz dan komposer Don Shirley

Yuriantin | 10 Februari 2019 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mahershala Ali (44) mengawali tahun 2019 dengan menyabet piala Golden Globe pertamanya, berkat peran sebagai Don Shirley dalam Green Book. Peran ini membuat nama Mahershala diprediksi kuat akan menggondol piala Oscar keduanya akhir Februari mendatang. 

Memerankan pianis jaz dan komposer Don Shirley, Mahershala giat berlatih piano selama berbulan-bulan, dimulai dengan meniru postur pianis sungguhan.

"Dia selalu berkata, 'Ketika Anda melihat seorang penari balet di stasiun kereta api bawah tanah, Anda langsung tahu bahwa ia seorang penari balet dari caranya berdiri.' Jadi Mahershala ingin terlihat seperti pianis (bahkan) ketika ia tidak sedang berada di depan piano," beri tahu komposer Green Book, Kris Bowers. 

Kris kagum dengan dedikasi aktor yang telah berakting selama 25 tahun ini.

"Cara dia berakting seolah dia yang terus memainkan instrumen tersebut sepanjang waktu atau melakukan berbagai gerak fisik yang tidak nyaman, namun tampak seperti ia telah mahir, cukup luar biasa," sambung Kris.

Pujian lain dilontarkan sutradara Green Book, Peter Farrelly. "Dia orang yang paling saya andalkan," ucap Peter. 

Kritik justru datang dari keluarga Don Shirley. Mengisahkan persahabatan Don dengan sopir pribadinya, Tony Vallelonga, pihak keluarga menilai alur Green Book tak menggambarkan kenyataan. Keluarga Don juga menyayangkan pihak film yang tidak mengonfirmasi fakta dalam film. 

Keponakan Don, Edwin Shirley mengatakan hubungan Don dan Tony sebenarnya tidak sedekat itu. Don bahkan tidak bersedia kisah hidupnya diangkat menjadi cerita.

"Saya ingat dengan sangat jelas, 30 tahun lalu, paman saya didekati oleh Nick Vallelonga, putra Tony Vallelonga (penulis skrip Green Book), untuk membuat sebuah film berdasarkan hidup Don, dan paman saya memberi tahu saya bahwa dia dengan tegas menolak," beber Edwin. 

Menanggapi kontroversi itu, Mahershala minta maaf dan ia merasa bertanggung jawab atas perannya.

"Saya menghargai Don Shirley dan keluarganya. Saya telah berbicara dengan studio dan keluarga Don dan pada akhirnya saya berharap semua orang senang dan saya tidak ingin menyinggung siapa pun dalam kapasitas apa pun," beri tahu aktor kelahiran 16 Februari ini. 

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait