Pemakaman Muhammad Ali, Belasan Ribu Orang Mengantar ke Tempat Peristirahatan Terakhirnya

Indra Kurniawan | 11 Juni 2016 | 17:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ribuan orang, Jumat (10/6) siang waktu setempat, berbondong mengantarkan petinju flamboyan Muhammad Ali ke tempat peristirahatan terakhir. 

Usai disalatkan di Freedom Hall, Kentucky, Amerika Serikat, Kamis (9/6) waktu setempat, jasad pria berjuluk "The Greatest" itu dibawa dengan menggunakan mobil jenazah ke tempat pemakaman Cave Hill Cemetry, Louisville, Amerika Serikat.

Dalam perjalanan menuju pemakaman ribuan orang berbaris di jalan-jalan sambil meneriakkan nama Ali. Tua-muda, pria-wanita, kulit putih-hitam dalam siaran langsung di sebuah stasiun TV nasional tampak berbaur menjadi satu untuk memberi penghormatan terakhir kepada Ali.

Ikut mengusung jenazah Ali yang terbaring di peti mati yang diselimuti kain bertuliskan bahasa Arab berwarna hitam dan emas, mantan juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson dan Lennox Lewis.

Tokoh-tokoh penting juga tampak hadir dalam upacara pemakaman Ali. Mulai dari Bill Clinton, aktor Will Smith sampai Billy Crystal. Presiden Barrack Obama tidak hadir karena menghadiri kelulusan putri sulungnya, Malia.

Muhammad Ali meninggal dalam usia 74 tahun, Jumat (3/6) lalu, akibat komplikasi penyakit parkinson yang dideritanya sejak 1984. Tiga kali juara dunia kelas berat ini meninggalkan tiga istri: Khalilah Camacho, Veronica Porche, Lonnie, dan sembilan anak - tujuh perempuan dan dua laki-laki. Selamat jalan "The Greatest".

(ind/yb)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait