Slamet Rahardjo Mengaku Banyak Belajar dari Titi Qadarsih

Abdul Rahman Syaukani | 23 Oktober 2018 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Slamet Rahardjo termasuk artis yang ikut mengantarkan Titi Qadarsih ke peristirahatan terakhirnya di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (23/10) siang. Slamet Rahardjo bersahabat dekat dengan almarhumah sejak puluhan tahun silam.

Diungkapkan Slamet Rahardjo, dirinya banyak belajar dari Titi Qadarsih tentang ilmu logika yang kerap membuat lawannya bertekuk lutut. Slamet Raharjdo juga mendapat banyak bimbingan dari Titi Qadarsih untuk mengenal alam. Sehingga dia pun lebih memahami hubungan manusia dengan alam dan hakikat penciptaan semesta.

“Titi itu buat saya orangnya serius tapi cara berpikirnya sederhana, sehingga kita bisa paham yang dia mau. Misalnya, terlambat latihan di Teater Populer, kamu tahu dong Teguh Karya kayak gimana galaknya. Teguh Karya, orang yang kalah juga dengan logika-logika sederhananya tapi benar,” papar Slamet Rahardjo usai prosesi pemakaman.

“Titi Qadarsih adalah orang yang mengantar saya mengenal alam. Saya suka menemani Titi kalau hujan deras, kami jalan dari HI ke Monas. Di bawah hujan deras, dalam dinginnya air hujan dan dalam basah kuyup, kami mulai berdialog dengan alam,” sambungnya.

Slamet Rahardjo bersyukur bisa melihat Titi Qadarsih sebelum meninggal. Dia pun sempat berbincang cukup akrab dengan ibunda Indra Qadarsih tersebut. Slamet Rahardjo melihat sosok Titi Qadarsih tetap seperti dulu yang kerap ceria.

“Jenguk minggu lalu pas sakit. Dia tetap Titi, enggak mengada ada. Senyum. Dia enggak berindikasi perpisahan. Cita cita yang belum tercapai dari Titi Qadarsih sih melihat indonesia berkeadilan sosial,” paparnya.

(man/ray)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait