Ani Pilih Batik Hitam untuk Seragam Lebaran, SBY: Kami Tak Kuasa Menangkap Isyarat

TEMPO | 5 Juni 2019 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menceritakan kenangan saat mendiang istrinya, Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono memilih kain batik untuk seragam keluarga pada Idul Fitri 2019. SBY mengungkapkan kisah tersebut saat berziarah ke pusara Ani di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada Rabu (5 /6).

"Izinkan saya bercerita sedikit tentang apa yang kemarin disampaikan almarhumah sewaktu masih dirawat di rumah sakit Singapura, yang berkaitan dengan lebaran tahun ini," kata Presiden RI keenam itu.

SBY mengungkapkan bahwa istrinya selalu menyiapkan baju yang akan dikenakan keluarga untuk salat Id dan halalbihalal. Ani biasanya terlebih dulu mengusulkan baju koko dan kain batik pilihannya, serta meminta pendapat dari SBY serta anak-anak mereka.

Menurut Ketua Umum Partai Demokrat ini, Ani biasanya memilih warna terang untuk batik yang mereka pakai saat halalbihalal. Namun kali ini, Ani memilih batik berwarna dasar hitam. "Biasanya batik yang dipilih itu warnanya terang," ujar SBY. "Tetapi saya juga tidak mengerti, barangkali tidak kuasa menangkap isyarat yang ada di balik pilihan batik yang kami gunakan sekarang ini."

SBY berujar pilihan batik Ani berwarna hitam sawunggaling. Motif batik ini menggambarkan sebuah burung yang terbang ke taman surga. "Saya baru tahu memahami apa makna dari pilihan ini," ujar dia.

Ani Yudhoyono meninggal di Singapura pada 1 Juni lalu karena mengidap kanker darah. Jenazahnya dimakamkan di Taman Pahlawan Kalibata sehari setelahnya atau pada 2 Juni 2019. 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait