Cerita Kartika Putri Melahirkan Secara Mendadak di Atas Karpet Rumahnya

Supriyanto | 22 Oktober 2019 | 09:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kartika Putri dan suaminya, Habib Usman bin Yahya, dikaruniai anak pertama pada Jumat (18/10), sekitar pukul 04.27 WIB. Kartika melahirkan Syarifah Khalisa Aghniya Bahira secara alami di rumahnya, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, setelah adzan Subuh berkumandang.

"Alhamdulillah bahagia luar biasa, ibunya sehat, anak sehat selamat. Satu hal yang enggak dibayangin, karena lahirnya di kamar," tutur Habib Usman bin Yahya, di rumahnya kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (21/10).

Ditemani Habib Usman bin Yahya, Kartika Putri menceritakan kronologi persalinan anak pertama yang berlangsung mendadak di rumahnya sendiri.

Kartika mengaku sempat khawatir bayinya tak bisa lahir secara normal karena ada virus cacar air. Kartika juga tak menyangka mendapat kemudahan untuk proses persalinannya.

"Aku pribadi niat di rumah, dari awal pengin di rumah, dari awal hamil pengin home birth. Tapi karena cacar air sempat dilema baby ready enggak ya kalau di rumah, karena fasilitasnya kan enggak memadai," terang Kartika Putri.

"Sebenernya Allah udah ciptain udah bisa hamil pasti bisa lahirin. Dari situ makin yakin lahiran di rumah, tapi enggak ngomong sama Habib dan semuanya. Karena semua di sekeliling aku enggak ngedukung untuk home birth, bahkan bidannya juga enggak tahu," beber Kartika.

Persiapan menikah di rumah pun semakin matang. Habib dan Kartika menyiapkan doula (pendamping persalinan) khusus. Jelang persalinan, kontraksi makin sering dirasakan, Kartika tetap enggan ke rumah sakit bahkan marah tatkala diajak suami ke rumah sakit.

"Alhamdulillah doulanya cekatan. Di rumah nyaman banget ternyata, aku kontraksi di karpet, sempat bawa camilan meskipun enggak kemakan. Terus ya sudah pindah-pindah aja paling, gelisah karena pas kontraksi serba salah. Kalau di rumah sakit enggak mungkin bisa serileks itu," ungkap Kartika.

Kartika melahirkan di atas karpet kamarnya, seorang bayi yang sehat berbobot 3,25 kilogram dan panjang 51 sentimeter. Sang suami pun dilanda kecemasan tinggi karena menurutnya melahirkan butuh peralatan medis yang tidak ada di rumah.

(pri/ari)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait