Lakukan Pencegahan Ini Agar Tubuh Tidak Terjangkit Flu di Musim Hujan

Yuriantin | 14 Desember 2019 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mengingat flu merupakan salah satu penyakit yang mudah menular, terlebih di musim hujan seperti sekarang, tidak ada salahnya jika kita melakukan pencegahan. Selain mengonsumsi vitamin C untuk menambah kekebalan tubuh, terdapat beberapa cara lain berikut agar tubuh lebih kebal terhadap virus ini:

Sarapan yoghurt

Para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi probiotik melalui suplemen ataupun makanan yang difermentasi seperti yoghurt memiliki risiko 12% lebih rendah mengalami infeksi pernapasan.

Hirup udara segar

Pastikan Anda berada di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang lancar agar angin yang segar bisa masuk sehingga virus influenza ikut terbawa angin.

Hindari mereka yang terkena flu

Ketika bersin, kuman yang terdapat di dalamnya bisa berpindah hingga jarak 20 kaki. Oleh karenanya, sebaiknya Anda mengambil jarak ketika berada dekat dengan orang yang sedang flu atau batuk.

Berhenti menyentuh bibir

Anda tidak tahu seberapa banyak kuman yang terdapat di tangan ketika Anda menyentuh bibir. Atasi kebiasaan ini dengan menduduki tangan Anda ketika Anda sedang menganggur.

Tidur yang cukup

Tidur kurang dari 7 jam akan meningkatkan risiko terjangkit pilek tiga kali lebih besar dibanding mereka yang tidur minimal 8 jam.

Konsumsi kari sayuran

Cabai dan bumbu pedas lainnya bisa membantu melancarkan sinusitis karena rasa pedas tersebut membuat hidung dan mata berair sehingga melegakan sumbatan sementara waktu.

Hirup minyak esensial

Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air mendidih dan hiruplah aromanya. Ulangi kebiasaan ini beberapa kali dalam sehari seperti dilansir laman Health.

Berhenti berolahraga ketika sakit

Tubuh membutuhkan tenaga untuk melawan virus ketika Anda terserang flu. Oleh sebab itu, simpan tenaga Anda dan hindari kegiatan olahraga sementara waktu.

Kumur dengan air garam hangat

Garam membantu membunuh patogen. Kumur dengan campuran 1/2 sdt garam dan 235 ml air hangat akan membantu mengatasi peradangan dan membunuh kuman.

Minum sop ayam

Penelitian menunjukkan sop ayam memiliki kandungan yang bisa memperlambat gerakan sel darah putih yang memerangi infeksi. Semakin lama gerakan mereka, maka semakin waktu yang dihabiskan pada area tubuh yang diperlukan semakin banyak.

Konsumsi satu sendok makan madu

Madu merupakan makanan antimikrobial dan teksturnya yang tebal bisa melegakan tenggorokan yang sakit.

Hindari tidur dengan cara berbaring

Tidurlah dengan sudut 45 derajat karena bisa membantu mengalirkan darah dari kepala sehingga mengurangi peradangan pada hidung.

 

(yuri)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait