Lahir di Tanggal Cantik, Ini Cerita Proses Persalinan Anak Kedua Tantri Kotak

RIK | 22 Februari 2020 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tantri Kotak baru saja melahirkan anak keduanya pada Kamis (20/2) melalui proses persalinan cesar. Melahirkan di tanggal yang merupakan angka cantik, Tantri mengaku tak terlalu merencanakan anaknya lahir di tanggal 20-02-2020. 

Menurutnya, Arkhairan Cadenza Tanarda, nama anak laki-lakinya, lahir di tanggal cantik tak terlalu direncanakan. Pasalnya,  berdasarkan prediksi dokter, usia kandungan Tantri memang sedianya sudah cukup matang untuk menjalani persalinan di sekitar tanggal tersebut. 

"Sebenarnya kalau dibilang sengaja ya sengaja enggak sengaja. Karena emang HPL-nya (Hari Prediksi Lahir) mendekati tanggal itu," ujar Tantri Kotak saat konferensi pers di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2). 

Sementara itu, mengenai proses persalinan cesar Tantri pun memiliki alasan. Berkaca dari persalinan anak pertamanya, ia dan sang suami memang sudah sepakat untuk menempuh jalur cesar untuk anak keduanya ini. 

"Jadi aku punya cerita yang panjang dari anak pertama yang bisa jadi pelajaran di anak kedua. Anak pertama itu aku sampai pembukaan keenam itu induksi dua kali, bisa dibilang gagal induksi akhirnya cesar. Jadi lumayan buat capek dan akhirnya aku sempat baby blues karena tidak fokus pada anak, ASI enggak keluar segala macam. Makanya di anak kedua ini, bukan berarti enggak kepengin normal, tapi perjuangan seorang ibu bukan dilihat dari normal atau tidaknya, tapi setelah itu, jadi masih panjang sekali perjuangan ibu," paparnya. 

Tak ingin mengalami baby blues sampai berakibat panjang untuk anaknya merupakan alasan Tantri memilih persalinan cesar yang lebih singkat dan tak menguras banyak energi. Hasilnya pun terbukti sesaat setelah persalinan, ASInya langsung bisa dinikmati sang anak dan ia pun merasa fit untuk langsung bounding dengan anak keduanya. 

"Kalau dari yang kedua ini aku kayak, 'gue harus fokus sama ASi, enggak mau baby blues lagi', pelajaran itu yang diambil.  Alhamdulillah banget, habis operasi itu hitungannya masih 0 hari dan pas di tanggal 21 itu ASI-nya sudah keluar," pungkas Tantri Kotak. 

Sekadar informasi, Tantri Kotak melahirkan anak keduanya melalui proses persalinan cesar pada pukul 07.43 WIB, tanggal 20 Februari 2020. Anak laki-lakinya itu lahir dengan berat 3,5 kg dan panjang 52 cm.

(rik)

Penulis : RIK
Editor: RIK
Berita Terkait