Pengakuan Oscar Lawalata : Saya Transgender!

Supriyanto | 18 Agustus 2020 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perancang busana Oscar Lawalata blak-blakan soal perubahan dirinya menjadi transgender. Putra aktris senior Reggy Lawalata itu mengungkap jati dirinya lewat video YouTube di channel The Lawalatas.

"Saya transgender," kata Oscar Lawalata.

Kakak dari Mario Lawalata itu mengaku sudah merasakan kejanggalan saat masih kecil. Oscar pun memutuskan menjadi transgender setelah berpikir panjang hingga lima tahun lalu, ia mulai memberanikan diri mengungkap yang terjadi pada dirinya.

"Saya tahu dari kecil saya transgender. Tapi setelah saya mempelajari kurang lebih lima tahun lalu siapa diri saya, dari situ saya tahu saya transgender," ungkap Oscar Lawalata.

Pengakuan Oscar Lawalata juga sekaligus ingin memberi pengertian bahwa transgender berbeda dengan gay.

"Pertama menurut saya yang dipelajari gay dan transgender itu kan beda. Kalau di sini itu dianggap sama. Kalau di luar negeri itu ada pusatnya," jelas Oscar Lawalata lagi.

Selain itu, menurut Oscar Lawalata jiwa manusia itu beragam. Semuanya tidak bisa disamaratakan satu sama yang lain.

"Jiwa manusia itu beragam gitu, ada juga kan rasa-rasa itu tumbuh saat mereka dewasa. Kan mereka bukan pohon yang kalau diambil bibit apel nantinya akan tumbuh apel. Tapi kan kalau manusia nggak," tukasnya lagi.

"Semua itu proses hidup kan tumbuh bagaimana kita menerima diri kita sendiri," pungkas Oscar Lawalata.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait