Dianggap Menghina, Anang Hermansyah Minta Maaf pada Komunitas Tuli

Ari Kurniawan | 31 Agustus 2020 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anang Hermansyah menyampaikan permintaan maaf setelah dianggap melecehkan bahasa isyarat. Permintaan maaf diungkapkan suami Ashanty itu kepada para tuli atau tuna rungu, lewat postingan media sosialnya. 

Persoalan bermula saat Anang Hermansyah sambil bercanda memperagakan gerakan tangan seperti bahasa isyarat di vlog pribadinya. Apa yang dilakukan Anang ternyata membuat komunitas tuli tersinggung. 

Akun bernama @cbudidharma mengatakan perilaku Anang Hermansyah menghina kaum tuli. Ia megimbau Anang tidak menggunakan bahasa istarat sebagai bahan candaan, dan meminta mantan suami Krisdayanti itu untuk meminta maaf. 

"Ini tidak diperlukan dan ini sangat menghina kaum tuli. Lucu boleh, tetapi memperagakan bahasa isyarat? Anda seorang artis dan terkenal, sikap Anda akan mempengaruhi orang lain yang masih awam tentang ini (oh dia memperagakan bahasa isyarat seperti ini berarti gak apa-apa ya?). Jika tidak mau disebut tuna isyarat, maka hormatilah kami tuli," kata akun @cbudidharma.

Anang Hermansyah memulai permintaan maafnya dengan menggunakan bahasa isyarat. "Halo, nama saya Anang. Saya mau minta maaf. Terima kasih," ungkap Anang, dengan gerakan tangan. 

Ashanty pun ikut memberikan penjelasan terkait video yang dianggap melecehkan para tulis. Menurut Ashanty, publik telah salah mengartikan apa yang dilakukan Anang.

"Pertama kita mungkin sedikit mau menjelaskan dulu kenapa ada video itu. Sebenarnya kami minta maaf karena persepsi yang salah terjadi di publik, di temen-temen komunitas tuli tapi kami ingin menyampaikan tidak begitu ceritanya. Bahwa tidak ada ingin mengejek atau merendahkan," kata Ashanty.

"Demi Allah dari hati kami yang paling dalam tidak ada sedikitpun niat untuk mengejek atau tidak menghargai atau merendahkan, melecehkan bahasa isyarat. Justru kami mau support," lanjutnya. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait