Dua Kebiasaan Buruk yang Tanpa Disadari Merusak Kulit Wajah

aura.co.id | 7 Oktober 2020 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Merawat kulit sebenarnya bukanlah hal yang sulit dilakukan, sayangnya terkadang beberapa kebiasaan buruk yang tidak disadari justru membuat kulit menjadi rusak. Salah satunya adalah kebiasaan menyentuh jerawat.

Terlalu sering menyentuh jerawat bisa menyebabkan timbulnya luka pada kulit. Lubang yang timbul akibat jerawat harus disembuhkan dengan laser, prosedur subcision, microneedling, dan pengelupasan secara kimiawi. Agar penyembuhan maksimal, biasanya dibutuhkan kombinasi keempat perawatan tersebut.

Seperti dikutip dari laman Good Housekeeping, untuk bercak hitam yang timbul, bisa diatasi dengan penggunaan krim pencerah, retinoid, produk glycolic acid, dan serum vitamin C.

Selain kebiasaan menyentuh jerawat, tidur tanpa membersihkan riasan wajah juga termasuk merupakan kebiasaan buruk lainnya yang bisa merusak kulit. Pastikan untuk mencuci wajah secara rutin dua kali sehari dan lakukan exfoliation satu hingga dua kali dalam seminggu tergantung jenis kulit. Jika kebiasaan tersebut telah menimbulkan jerawat, segera atasi dengan penggunaan salicylic acid atau retinoid.

Retionid dan kebiasaan exfoliation juga bisa mengatasi warna kulit yang tidak merata akibat paparan sinar matahari. Selain itu, jangan lupa menggunakan pelembab yang mengandung peptide untuk meremajakan kulit.

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait