Batal dengan Virzha Gegara Master, Dewa 19 Gandeng Ello Rilis Lagu Baru Setelah 12 Tahun

Indra Kurniawan | 1 April 2022 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dewa 19 pecah telur juga. Setelah dua belas tahun tenggelam, Dewa 19 akhirnya merilis lagu baru berjudul "Juliette". Bukan Once, bukan pula Virzha, "Juliette" dibawakan oleh Marcello Tahitoe atau Ello yang disebut-sebut bakal menjadi vokalis tetap Dewa 19. 

Dewa 19 terakhir merilis lagu baru pada 2010. Judulnya "Bukan Manusia Biasa". Tak disangka, lagu yang diklaim Ahmad Dhani sebagai lagu dan aransemen terbaik yang pernah dibuat Dewa 19 tidak laku di pasaran.

"Jadi waktu itu enggak tahu kenapa, bedalah. Mulai ada aliran baru di musik Indonesia yang cukup mainstream sehingga aliran-aliran seperti Dewa ini tenggelam dan lagu 'Bukan Cinta Manusia Biasa' itu tidak laku," ungkap Dhani. 

Tidak putus asa, Dewa 19 mencoba peruntungan kembali dengan membuat single baru "Juliette" di 2010. "Once udah take vokal, Andra take gitar, Yuke udah (take bas), Agung udah (take drum). Tiba-tiba Once memutuskan untuk keluar," cerita Dhani. 

Semenjak itu Dewa 19 menjadi vakum. Sampai akhirnya di 2020 mereka mulai aktif kembali dengan vokalis tamu Virzha jebolan Indonesian Idol. Virzha akhirnya rekaman "Juliette". 

"Tapi ternyata perusahaan rekamannya belum deal dengan perusahaan kami sehingga batal untuk dinyanyikan dengan Virzha. Bukan karena angka. Hanya karena kepemilikan master aja kami enggak setuju dimiliki perusahaan (rekaman) yang menaungi Virzha, 100 persen," kata suami dari anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Gerindra, Mulan Jameela. 

"Juliette" akhirnya dinyanyikan oleh Ello yang disebut Dhani tidak tergabung dengan perusahaan rekaman manapun, sehingga aman untuk diajak berkolaborasi. "Ya udah kami ajak, mau. Akhirnya sampai sekarang. Setelah 12 tahun akhirnya lagu itu lahir," tutur Dhani. 

Ello sendiri dikenal sebagai penyanyi solo. Dia putra musikus sekaligus pengarang lagu Minggoes Tahitoe dan penyanyi terkenal di era 1980-an Diana Nasution. Sebelum terlibat di lagu baru, Ello berkolaborasi dengan Dewa 19 dalam konser live streaming di Video Legend beberapa bulan silam. 

"Juliette" dirilis hari ini, Jumat (1/4) di Video Legend. Lagu yang berada di bawah label Republik Cinta Record seluruhnya dibuat oleh Ahmad Dhani. Akankah Dewa bangkit kembali lewat "Juliette"?

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait