Donald Trump dan Kim Jong Un Akhirnya Bertemu, Ini Harapan Jokowi

TEMPO | 13 Juni 2018 | 17:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Jokowi mendukung pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong Un di Singapura. Dia berharap konferensi tingkat tinggi (KTT) itu bisa berkontribusi terhadap perdamaian.

"Kami berharap hasil KTT dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian, baik di kawasan Semenanjung Korea, di kawasan kita, maupun bagi perdamaian dunia," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, 12 Juni 2018.

Pertemuan Trump dan Kim Jong Un dalam KTT ini menjadi ajang kedua pemimpin negara itu bertemu untuk pertama kalinya. Mereka bertemu untuk membahas masalah penggunaan nuklir.

Trump dan Kim Jong Un berencana melakukan pertemuan empat mata dengan ditemani penerjemah. Pembicaraan itu akan menentukan nasib program nuklir Korea Utara.

Amerika sebelumnya menegaskan hanya akan menerima denuklirisasi sepenuhnya di Semenanjung Korea. Korea Utara menyatakan kesiapan untuk melakukan denuklirisasi. Namun istilah ini mengandung banyak tafsir. Masih belum jelas apa yang diminta Pyongyang sebagai imbalannya.

Setelah pertemuan ini, Trump menyatakan ada kemungkinan terjadi pertemuan lanjutan dengan Kim Jong Un. Menurut dia, perjalanan untuk mencapai kesepakatan soal nuklir butuh proses dan tak akan diputuskan di Singapura.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait