Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal Digelar Besok

TEMPO | 13 Juni 2018 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan awal bulan Syawal 1439 Hijriah dan hari raya Idul Fitri pada Kamis, 14 Juni 2018. Sidang akan digelar di Gedung Kementerian Agama.

Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama Mastuki mengatakan proses sidang akan dimulai pukul 16.30 WIB. "Sidang akan diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439 H," ujarnya seperti dilansir keterangan tertulis pada Rabu, 13 Juni 2018.

Mastuki mengatakan sidang isbat akan digelar selepas salat Magrib setelah ada laporan hasil rukyatul hilal dari 97 lokasi pemantauan di seluruh provinsi di Indonesia. Hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers setelah sidang itsbat.

Selain pejabat Kementerian Agama, sidang nanti akan dihadiri oleh sejumlah pihak. Mereka antara lain Duta Besar negara-negara sahabat, Komisi Agama DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hadir pula Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, dan Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam.

Sementara itu, hari ini jemaah tarekat Naqsabandiyah telah menggelar salat Idul Fitri. Pelaksanaan salat dipusatkan di Padang, Sumatera Barat.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait