Ada Nama Manohara dan Kristina dalam Daftar Caleg Partai NasDem

TEMPO | 16 Juli 2018 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini, Senin, 16 Juli 2018, Partai NasDem mendaftarkan bakal caleg DPR dan DPRD Kabupaten dan Kota ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ada beberapa nama artis yang mengisi daftar caleg yang disetor NasDem. "Ada Ibu Okky Asokawati, Manohara Pinot, dan ada Kristina," ujar Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johny G. Plate kepada awak media di kantor KPU, Jakarta pada Senin, 16 Juli 2018.

Manohara Odelia Pinot adalah artis dan model Indonesia berdarah campuran Amerika Serikat dan Bugis. Sedangkan Kristina penyanyi dangdut Indonesia kelahiran Jakarta. Adapun Okky Asokawati adalah model serta pembawa acara televisi yang juga pernah menjadi anggota DPR pada 2009 lalu lewat PPP.

Beberapa artis memang ada di daftar caleg NasDem, namun ohny G. Plate tak merinci jumlah serta nama artis yang ada secara lengkap. "Ada banyak sekali, saya tak hapal," katanya.

NasDem mendaftarkan sebanyak 20.391 caleg pada 2.552 daerah pemilihan seluruh untuk DPR dan DPRD Kabupaten Kota seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, di antaranya ada 575 orang caleg DPR untuk 80 daerah pemilihan.

Keikutsertaan artis menjadi caleg NasDem, kata Johny, mencerminkan partisipasi politik dari berbagai kelompok profesi. Ia mengatakan artis salah satu profesi seni yang membutuhkan saluran politik dalam rangka legislasi dan aturan untuk mendukung seni dan budaya. "Jadi tak saja artis sinetron, tapi artis dalam arti luas, artis budaya seni. Termasuk calon-calon dari bidang olahraga, dan budaya seni," katanya.

Nasdem menjadi partai pertama yang mendaftarkan calegnya ke KPU. Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Legislatif 2019, pileg akan berlangsung serentak dengan pemilihan presiden pada 17 April 2019.

Jadwal tahapan pendaftaran sampai penetapan caleg untuk Pileg 2019, yakni pengajuan daftar calon dilakukan pada 4-17 Juli 2018, verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon dijadwalkan pada 5-18 Juli 2018 dan penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi dilakukan pada 19-21 Juli 2018.


TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait