OTT Lapas Sukamiskin, Inneke Koesherawati Dikabarkan Ikut Diamankan KPK

Supriyanto | 21 Juli 2018 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan enam orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (20/7) malam.

Enam orang yang ditangkap di antaranya, Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, terpidana kasus korupsi proyek satelit monitoring di Bakamla, Fahmi Darmawansyah, adapula Hendri (driver), Andri (Napi Tipikor tamping Fahmmi), dan Dian Anggraini.

Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif mengungkapkan OTT dilakukan menjelang pergantian hari. Hasilnya, selain menangkap enam orang, KPK juga mengamankan sejumlah uang yang diduga bagian dari transaksi suap.

"Benar tadi menjelang tengah malam tim penindakan KPK menjalankan tugasnya di Sukamiskin, Bandung. Kami lakukan pengecekan informasi dari masyarakat," ujar Laode kepada wartawan lewat telepon, Sabtu (21/7).

"Setelah kami kroscek dan ada bukti awal, maka sekitar 6 orang diamankan, termasuk pimpinan Lapas dan pihak swasta," tambah Laode Muhammad Syarif.

Keenam orang yabg diamankan sudah dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan terkaiy tindak suap dan korupsi. "Enam orang tersebut telah dibawa ke kantor KPK di Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut," terang Laode.

Mengenai Inneke Koesherawati, istri Fahmi Darmawansyah, yang dikabarkan ikut diamankan, Laode belum bisa memberi keterangan. Laode malah menyebutkan  barang bukti hasil temuan OTT.

"Selain itu, uang tunai rupiah dan valas yang sedang dihitung serta kendaraan juga diamankan sebagai barang bukti awal. Itu dulu yang bisa isampaikan. Hasilnya akan disampaikan melalui konferensi pers," pungkas Laode Muhammad Syarief.

Sebelumnya, beredar kabar di antara enam yang terkena OTT, Inneke Koesherawati juga ikut diamankan. Inneke diduga turut mengetahui adanya OTT yang dilakukan KPK terhadap suaminya.

(pri/ari)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait