Dikritik karena Foto Bareng dengan Erdogan, Mesut Ozil Mundur dari Timnas Jerman

TEMPO | 23 Juli 2018 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mesut Ozil mengumumkan pengunduran dirinya dari skuad Timnas Jerman pada Minggu (22/7). Pengunduran diri tersebut diumumkan setelah media Jerman mengkritik pertemuannya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Mei lalu. Ia menilai kritikan terkait pertemuan itu sebagai diskriminasi dan tidak adil.

Mesut Ozil merupakan bagian dari skuad Jerman yang tersisih dari Piala Dunia 2018 di Rusia pada babak penyisihan grup. Ia menjadi sasaran kritik karena penampilannya serta pertemuannya dengan Erdogan yang dituduh negara barat melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

Menanggapi kritikan media, playmaker klub Arsenal berdarah Turki ini memberikan pernyataan tertulis.

"Bagi saya, berfoto dengan Presiden Erdogan bukan tentang politik atau pemilihan, itu tentang saya menghormati kantor tertinggi negara keluarga saya," kata Mesut Ozil dalam sebuah pernyataan di Twitter.

"Pekerjaan saya adalah pemain sepak bola dan bukan politisi, dan pertemuan kami bukan merupakan pengesahan dari kebijakan apa pun."

"Perlakuan yang saya terima dari DFB (Asosiasi Sepakbola Jerman) dan banyak pihak lain yang membuat saya tidak lagi ingin memakai kaus tim nasional Jerman," tambah Mesut Ozil.

"Saya merasa tidak diinginkan dan berpikir apa yang telah saya capai sejak debut internasional saya di tahun 2009 telah dilupakan. Maka dengan berat hati dan banyak pertimbangan atas peristiwa baru-baru ini, saya tidak akan lagi bermain untuk Jerman di tingkat internasional sementara saya menerima tindakan rasisme dan tidak hormat," pungkas Mesut Ozil.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait