Benarkah Generasi Milenial Lebih Suka Produk Lokal, Bukan yang Bermerek?

TEMPO | 20 September 2018 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Generasi milenial yang bangga menggunakan barang-barang lokal dianggap berperan dalam perkembangan produk Indonesia. Tapi tentu saja barang bermerek masih diminati oleh milenial kelas menengah ke atas.

“Anak-anak milenial suka budaya dan suka lokal. Jangan dibilang kalau anak muda enggak suka lokal. Sekarang itu kayaknya keren kalau pakai produk lokal,” jelas Vita Datau Messakh, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia dan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja, Kementerian Pariwisata, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa, 18 September 2018.

Vita juga menambahkan kalau influencers memiliki peran besar untuk meningkatkan minat membeli produk lokal. Saat melihat seorang influencer menggunakan produk lokal yang terlihat keren, banyak anak milenial yang terdorong untuk menggunakan produk lokal juga, sama halnya dengan makanan Nusantara.

“Makanan Indonesia menurut saya kalau di festival-festival lebih dicari,” lanjut Vita

Manusia memiliki rasa ingin tahu dan juga akan tetap mencoba makanan luar, terutama saat mengikuti tren. Namun, Vita menjelaskan, kalau banyak masyarakat Indonesia yang mengerti kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mencintai makanan Indonesia. Perkembangan media sosial juga membantu generasi milenial untuk lebih mencintai kuliner Indonesia.

“Anak-anak milenial lebih suka memotret dan share di Instagram makanan lokal, jarang makanan luar. Karena itu, kita bisa membuat gerakan-gerakan yang mengembangkan makanan atau kuliner Indonesia lebih jauh lagi melalui media sosial,” tutur Vita.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait