Jalan Tol Semarang-Kertosono Sudah Tersambung saat Libur Akhir Tahun

TEMPO | 18 Oktober 2018 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ruas tol dari Semarang hingga Kertosono diprediksi akan tersambung pada akhir tahun ini. Masyarakat yang akan berlibur pada Natal dan Tahun Baru diharapkan sudah bisa melalui jalan tol tersebut.

"Pada saat ini masih ada pengerjaan di beberapa ruas," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Aryyani saat meninjau tol Salatiga-Solo, Rabu 17 Oktober 2018. Ruas tol yang masih dalam pengerjaan adalah Salatiga-Solo, Sragen-Ngawi dan Wilangan-Kertosono.

Dia merinci, ruas tol Sragen-Ngawi saat ini sebenarnya sudah selesai dikerjakan. Jasa Marga juga telah melakukan uji kelayakan. "Tinggal menunggu sertifikasinya terbit," kata Desi. Diperkirakan ruas ini bisa dibuka pada akhir Oktober ini.

Sedangkan ruas tol Salatiga-Solo dan Wilangan Kertosono diperkirakan bakal selesai di pertengahan November. "Tinggal nanti uji kelayakan dan proses penetapan tarif," kata dia. Dia yakin proses itu tidak akan memakan waktu lebih dari sebulan hingga tol itu bisa difungsikan sebelum akhir tahun.

Desi menargetkan ruas tol Semarang hingga Kertosono bisa tersambung dan digunakan oleh masyarakat pada libur Natal dan Tahun Baru. Dia yakin target itu akan tercapai. "Sejauh ini progress-nya cukup baik," katanya.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi, David Wijayatno menyebut bahwa pengerjaan ruas tol Salatiga-Solo telah mencapai 91,6 persen. "Tinggal 2,5 kilometer jalan yang harus diselesaikan," katanya. Menurutnya, pengerjaan itu bisa diselesaikan dalam waktu enam hari.

Pekerjaan berat yang tengah diselesaikan adalah Jembatan Kenteng sepanjang 495 meter yang melintasi Sungai Kenteng dan Sungai Serang. Dia juga yakin jembatan setinggi 39 meter itu juga bisa diselesaikan dalam sepekan mendatang. "Tinggal memasang satu glider saja," katanya.

Dia menyebut bahwa keseluruhan pengerjaan ruas jalan tol Salatiga-Solo akan selesai pada pertengahan November. "Cuaca tidak lagi menjadi kendala sebab prosesnya tinggal finishing," kata David.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait