Kasus Jamal Khashoggi, Donald Trump Siapkan Sanksi untuk Arab Saudi

TEMPO | 20 Oktober 2018 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Buntut dari kasus menghilangnya kolumnis Jamal Khashoggi, Presiden AS Donald Trump mengatakan sedang mempertimbangkan sanksi terhadap Arab Saudi. 

Berbicara kepada wartawan di Scottsdale, Arizona, Donlad Trump mengatakan terlalu dini mengatakan apa konsekuensi dari kasus ini, tapi Kongres AS akan terlibat dalam menentukan respon Amerika Serikat.

Ditanya apakah sanksi kepada Arab Saudi adalah salah satu langkah yang dia pertimbangkan, Trump mengatakan, "Bisa jadi, bisa jadi," meskipun dia tidak memberikan rincian.

"Kami akan mencari tahu siapa yang tahu kapan dan di mana. Dan kami akan mencari tahu," tambah DonalTrump.

Dugaan pembunuhan Jamal Khashoggi, warga AS dan kolumnis Washington Post, telah menimbulkan kecaman internasional dan memperburuk hubungan antara Arab Saudi dengan negara Barat. Tekanan Barat telah meningkat di Arab Saudi untuk memberikan jawaban atas Jamal Khashoggi.

Kongres AS yang mayoritas dikuasai Republik, beberapa di antaranya menyerukan tindakan keras terhadap Arab Saudi.

"Saya akan sangat mendengarkan apa yang dikatakan Kongres. Mereka juga sangat yakin tentang itu," kata Donald Trump.

Sebelumnya Donald Trump mengatakan Jamal Khashoggi kemungkinan tewas dan akan menindak tegas siapapun yang bertanggungjawab, bisa mengancam kesepakatan senjata menggiurkan AS-Arab Saudi dan merusak koalisi militer melawan pengaruh Iran di Timur Tengah.

"Arab Saudi telah menjadi sekutu besar, mereka telah menjadi investor luar biasa di Amerika Serikat. Itulah sebabnya ini sangat menyedihkan," tambah Donald Trump.

"Mereka setuju untuk menghabiskan US$ 450 miliar (Rp 6.800 triliun) untuk membeli produk dan berinvestasi di Amerika Serikat, jadi saya berharap kita dapat tetap terbuka... Ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan," lanjut Donald Trump.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait