Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Tasikmalaya

TEMPO | 8 Januari 2019 | 10:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wilayah Tasikmalaya digunang gempa bumi tektonik pada Senin malam, 7 Januari 2019. Lindu bermagnitudo 4,8 itu bertitik sumber gempa di laut. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto lewat keterangan tertulis menyebutkan, gempa itu terjadi pada pukul 22:04:09 WIB dengan kekuatan M=4.8. Koordinat episenter 8.15 LS dan 107.88 BT atau tepatnya berlokasi di laut. "Pada jarak 62 kilometer arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat," katanya, Senin malam, 7 Januari 2018.

Sumber gempa berada pada kedalaman 21 kilometer. Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis.

Skala intensitas gempanya berskala II-III MMI. Pada skala II getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala III getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk lewat.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, kata Joko, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan lindu dangkal. "Akibat subduksi (penunjaman lempeng) di wilayah Selatan Jawa" katanya. BMKG meminta warga tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG.

Simak kabar terbaru seputar gempa Tasikmalaya hanya di kanal Tekno Tempo.co.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait