Ini yang Dilakukan Para Kandidat saat TV Jeda Iklan saat Debat Capres

TEMPO | 18 Januari 2019 | 06:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dua pasang kandidat presiden dan wakil presiden mengikuti debat capres pertama, Kamis malam, 17 Januari 2019. Debat berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Debat pertama ini mengangkat tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. "Malam ini menjadi salah satu malam yang bersejarah untuk Indonesia," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman saat membuka debat.

Debat berlangsung selama 90 menit yang dibagi dalam enam segmen. Setiap segmen dibatasi dengan jeda kurang lebih selama 5 menit. Ada sejumlah kegiatan yang dilakukan kedua pasang kandidat setiap jeda karena televisi menayangkan iklan.

Para calon biasanya mengisi waktu jeda dengan duduk di kursi yang disediakan di belakang mimbar dan minum air putih. Calon wakil presiden Sandiaga Uno juga terlihat minum infused water dari botol minum yang dibawakan ajudannya.

Ada kalanya mereka juga berbincang dengan tim sukses dari masing-masing kubu. Selain itu, di beberapa kesempatan para kandidat juga sesekali berswafoto bersama tim suksesnya. Menurut pengamatan Tempo, calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo setidaknya dua kali berswafoto bersama tim suksesnya. Jokowi berswafoto, salah satunya bersama Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Sedangkan Ma'ruf lebih banyak menggunakan waktu jeda debat untuk duduk di kursinya, minum air putih, dan berbincang bersama tim sukses. Wakil Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Irfan Wahid alias Ipang Wahid adalah figur yang kerap mendekat dan berbincang dengan Ma'ruf.

Sedangkan Jokowi lebih banyak berbincang dengan anggota Dewan Pengarah TKN sekaligus Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Di sisi lain, calon presiden-wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lebih dinamis mengisi waktu jeda debat. Prabowo dan Sandiaga bahkan sempat meninggalkan ruang debat secara bergantian.

Mereka pun beberapa kali mendatangi kursi tim sukses yang terletak di belakang mimbar tempat keduanya berdiri. Saat jeda segmen pertama menuju kedua, Prabowo mendatangi tim suksesnya dan menyalami mereka.

Prabowo berbincang dan sesekali terlihat tertawa dengan elite partai koalisi dan tim suksesnya, di antaranya dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman dan koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Dahnil Anzar Simanjuntak.

Kejadian serupa terjadi saat jeda debat capres beberapa segmen berikutnya. Ada kalanya para tim sukses yang mendatangi Prabowo dan Sandiaga ke tengah panggung. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, dan mantan komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Natalius Pigai adalah beberapa sosok yang menghampiri Prabowo ke panggung saat jeda.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait