Fadli Zon Singgung Kemungkinan Pertanyaan di Debat Capres Bocor

TEMPO | 18 Februari 2019 | 09:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyinggung soal kemungkinan adanya kebocoran pertanyaan yang disusun panelis dalam debat capres. Namun, dia mengklaim pernyataan itu bukan berarti dirinya curiga ada soal yang bocor.

"Mudah-mudahan tadi enggak bocor. Tapi, kan, kita ini hidup di Indonesia. Bukan saya curiga gitu tapi bisa saja ada kebocoran dari pertanyaan-pertanyaan itu," kata Fadli Zon di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad malam, 17 Februari 2019, usai debat capres.

Fadli Zon mengusulkan agar dalam debat capres berikutnya tak usah ada lagi panelis. Dia berpendapat pertanyaan sebaiknya langsung datang dari masing-masing kandidat.

"Pertanyaannya dari masing-masing kandidat saja. Kan yang akan datang (nanti) calon wakil presiden, calon wakil presiden A nanya ke B, calon wakil presiden B nanya ke A," kata dia.

Dalam dua kali debat pilpres pada 17 Januari dan 17 Februari, pertanyaan kepada para kandidat disusun oleh panelis. Pertanyaan itu dibacakan kepada para kandidat oleh moderator pada saat debat.

Dalam debat pertama, pertanyaan diberitahukan kepada para kandidat sebelum debat. Namun sistem ini kemudian dievaluasi. Dalam debat kedua, daftar pertanyaan tak diberitahukan kepada para kandidat.

Fadli Zon menilai pertanyaan panelis di debat capres kadang-kadang tidak aktual. Dia menyebut ada pertanyaan yang seakan dicanggih-canggihkan, padahal belum tentu penting.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait