Tim Kuasa Hukum Vanessa Angel Investigasi Sosok Riyan, Hasilnya?

TEMPO | 27 Februari 2019 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Soal sosok pria pengusaha yang disebut-sebut bernama Riyan, tim kuasa hukum Vanessa Angel mengaku telah melakukan investigasi. Pria tersebut ada ketika Vanessa Angel ditangkap di Hotel Vasa Surabaya atas sangkaan dalam kasus prostitusi online pada awal Januari lalu.

Investigasi ini dilakukan karena polisi dianggap tak pernah mengungkap profil Riyan. Sosoknya selama ini hanya pamor lewat nilai transaksi seks senilai Rp 80 juta yang dilakukannya dengan Vanessa Angel. "Kami sudah punya bukti-bukti permulaan, tapi ini untuk kami aja, belum bisa untuk publik," kata kuasa hukum Vanessa Angel, Milano Lubis, Selasa 26 Februari 2019.

Sebagai kuasa hukum, Milano Lubis mendesak Kepolisian Daerah Jawa Timur mengungkap semua termasuk sosok Riyan dalam kasus yang menyudutkan kliennya itu. Milano khawatir, Riyan yang akan dihadirkan polisi dalam persidangan nanti beda dengan yang ditemui Vanessa Angel di Hotel Vasa.

Milano Lubis juga meminta Polda Jawa Timur membuka rekaman kamera CCTV Hotel Vasa. Tujuannya, untuk mengetahui mulai kedatangan hingga Riyan meninggalkan hotel. Penyidikan dengan hanya memeriksa isi ponsel Vanessa dan para mucikari, menurut Milano, tidak cukup. "Itu bukan data forensik," katanya.

Vanessa Angel, kata Milano, dijerat dengan pasal 27 ayat 1 juncto pasal 45 ayat 1 juncto pasal 55 ayat 1 Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Vanessa disangka ikut mendistribusi atau mentransmisikan informasi atau dokumen elektronik yang melanggar kesusilaan. Untuk pasal 55 ayat 1, Milano menilai pasal tersebut tidak cukup hanya ditujukan kepada Vanessa Angel dan mucikari. "Kalau dikaitkan dengan Pasal 55 ayat 1, mestinya laki-lakinya ikut terlibat," kata dia.

Soal kemungkinan Vanessa Angel dijebak sehingga identitas Riyan tak pernah diungkap, Milano mengaku tak menyimpulkan begitu. "Kami tidak ingin mengatakan ini jebakan, tapi harus dibuka CCTV itu baru ketahuan siapa Riyan, bagaimana Vanessa dibawa, dan sebagainya," kata Milano.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait