Jerinx SID Pilih Golput dalam Pemilu 2019, Ini Alasannya

TEMPO | 19 Maret 2019 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penabuh drum grup musik asal Bali, Superman Is Dead, Jerinx SID berkali-kali menyatakan tak akan memilih alias golput dalam Pemilu 2019 dalam media sosialnya. Menurutnya, menguatnya wacana golongan putih (golput)  menjelang waktu pencoblosan pada 17 April 2019 merupakan sinyal negatif bagi pemerintah. Golput merupakan sikap politik karena kecewa kepada pihak yang berkuasa.

“Golput merupakan tekanan kepada pemerintah yang berkuasa. Itu peringatan, bahwa banyak regulasi atau keputusan yang salah,” kata Jerinx SID, Senin, 17 Maret 2019. Jerinx mencontohkan, hampir lima tahun Presiden Jokowi berkuasa hingga saat ini belum ada sikap tegas untuk menolak rencana reklamasi Teluk Benoa. 

Golput, katanya, bukan karena tidak peduli dengan politik atau benci dengan pemerintah. Jerinx SID menyatakan, golput adalah sebuah sikap agar pemerintah memiliki pilihan yang jelas, memihak rakyat atau investor. “Jadi inilah pesan yang sebenarnya,” ujar Jerinx.

Jerinx SID lalu menjelaskan album baru Superman Is Dead yang berjudul Tiga Perompak Tua adalah bagian dari perjuangan soal isu lingkungan dan sosial. Selama lima tahun terakhir ini Superman Is Dead berkonsentrasi menolak reklamasi Teluk Benoa. “Kami ingin keluar dulu untuk album ini,” katanya.

Dalam berbagai unggahan di akun Instagramnya, @jrxsid, Jerinx SID mengaku pada Pemilu 2019 tidak akan memilih. Menurut Jerinx, pada Pilpres 2014, untuk pertama kalinya bersama personel Superman Is Dead lainnya, mereka tidak golput. Pilihan itu, katanya, berisiko lantaran SID kehilangan 50 persen fanbasenya. "Kami pikir gak papa kehilangan fans untuk kebaikan yang lebih besar bagi umat manusia," tulisnya pada unggahan 21 Desember 2018. 

Tapi setelah empat tahun berlalu, Jerinx merasa tak ada kemajuan. "Teluk Benoa masih terancam. Fasisme, radikalisme masih subur. Ras minoritas tetap dijajah. Petani dan aktivis masih diintimidasi."

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait