Jajal Kereta MRT Jakarta, Ini 5 Kritik YLKI

TEMPO | 20 Maret 2019 | 19:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), mencatat 5 kritik usai mengikuti uji coba MRT Jakarta untuk publik. Salah satu kritiknya adalah minimnya tanda untuk memandu penumpang. 

Dia menyampaikan perlunya penandaan di stasiun dan kabin kereta guna memberikan informasi serta edukasi untuk penumpang. "Di kabin kereta tidak ada penandaan sebagaimana penandaan di KRL Jabodetabek," kata Tulus Abadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 20 Maret 2019.

PT Mass Rapid Transit, menurut Tulus, luput soal tanda larangan bersandar di depan pintu. Selain itu juga tak ada tanda larangan makan dan minum di dalam kereta serta ruang tinggu. Kekurangan MRT Jakarta berikutnya adalah tak ada pemberitahuan berupa suara atau tulisan saat pintu MRT akan ditutup. "Padahal ini sangat penting bagi konsumen, apalagi jika penumpangnya penuh sesak," ujar Tulus.

Kritik ke-4 Tulus Abadi adalah belum ada penandaan terkait peta yang menggambarkan rute dan jaringan MRT, baik di stasiun dan atau kabin kereta. Termasuk perlu adanya informasi rute jaringan angkutan umum sebagai pengumpan MRT, di masing-masing stasiun. "Ini sangat penting agar konsumen tidak bingung mau naik apa, setelah turun dari MRT," tambahnya. 

Tulus Abadimeminta PT MRT segera melengkapi penandaan-penandaan itu. Menurut dia, informasi yang edukatif diperlukan untuk mendorong perubahan perilaku penumpang MRT. Catatan terakhir YLKI adalah tidak ada rak bagasi di kabin kereta. Jika merujuk pada KRL Jabodetabek maka ada rak bagasi, juga MRT di Jepang. Tulus mengatakan humas MRT Jakarta menyebut space rak bagasi akan dipakai untuk iklan. "Iklan boleh tapi jangan mengurangi hak dan kenyamanan konsumen. YLKI menyarankan rak bagasi tetap ada, walau mungkin tidak secara full," katanya.  

YLKI di sisi lain mengapresiasi fasilitas yang sudah tersedia baik di stasiun ataupun kereta MRT Jakarta. Misalnya, kereta tak mengeluarkan suara bising saat dioperasikan. Kecepatan kereta pun stabil. Semua ruang tunggu di stasiun juga dilengkapi pembatas yang bisa dibuka dan ditutup otomatis sebelum penumpang naik atau turun kereta.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait