Berharap Jokowi dan Prabowo Bertemu, JK: Makin Cepat Makin Baik

TEMPO | 23 April 2019 | 11:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK mengadakan pertemuan dengan sejumlah tokoh Islam di Rumah Dinas Wakil Presiden, di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin malam, 22 April 2019. Dalam pertemuan itu dibahas langkah jangka pendek yang bisa diambil untuk menyelesaikan sejumlah masalah yang muncul pasca-pemilihan presiden.

Salah satunya adalah upaya merekonsiliasi antara dua kubu calon presiden dan wakil presiden. "Tentu diharapkan tadi makin cepat makin baik apabila Pak Jokowi dapat bertemu dengan Pak Prabowo," kata JK saat ditemui usai pertemuan.

Menurut JK pertemuan Jokowi dan Prabowo dapat menenangkan massa di tingkat akar rumput. Saat ini, masyarakat seakan terpecah akibat adanya deklarasi kemenangan yang dibuat oleh kedua kubu. "Tentu itu kita semua mendukung apabila ada rekonsiliasi seperti itu sehingga rekonsiliasi di bawah juga bisa cepat dicapai," kata JK.

JK menuturkan dalam pertemuan itu disepakati juga agar tiap organsisasi masyarakat (ormas) tetap menjalankan organisasi masing-masing dengan pikiran jangka panjang dan menjalankan Islam di indonesia yang  moderat. Apalagi, tutur JK, saat ini sudah semakin mendekati Ramadan. "Semoga masyarakat tertib dan menunggu dengan sabar tanggal 22 (Mei) tanpa berbuat ada kekerasan ataupun perselisihan," ucap JK.

Dalam pertemuan itu hadir Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj, Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi  Mahfud MD.

Nampak hadir pula Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid dan Sekretaris Jenderalnya Anwar Abbas, Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar, Ketua Ikatan Cendikawan Muslim Indonesia Jimly Ashidiqqie serta Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia Syafruddin.

Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Salahudin Wahid, Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal, cendekiawan muslim Komarudin Hidayat, Ketua Umum DPP Hidayatullah Nashirul Haq, Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI) Indonesia Hamdan Zoelva, Waketum PP PERSIS Jeje Zainuddin, dan Keta Umun PB Al Washliyah Yusnar Yusuf juga mengikuti pertemuan di rumah dinas  JK itu.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait