Yuk, Mulai Peduli Lingkungan dari Kebiasaan Sehari-Hari

Romauli Gultom | 28 April 2019 | 15:16 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kesadaran untuk peduli akan lingkungan sekitar sudah saatnya dimulai dari kebiasaan sehari-hari yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga kita dapat mewujudkan lingkungan bersih sampah.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan pengurangan sampah Indonesia sebesar 30 persen pada tahun 2025. 

Dalam upaya mendukung misi tersebut, Bank DBS Indonesia melaksanakan gerakan peduli lingkungan bernama Recycle more, Waste less yang bekerja sama dengan wirausaha sosial dan komunitas yang bergerak di bidang lingkungan, antara lain WWF - Indonesia, Waste4Change, Cleanomic, Zero Waste Indonesia, Evoware, dan Weekend Workshop.

Recycle more, Waste less bertujuan untuk memberikan kesadaran peduli lingkungan kepada generasi milenial Indonesia untuk membawa perubahan dengan dimulai dari kebiasan sehari-hari. 

Melalui gerakan ini, Bank DBS Indonesia turut serta mengajak generasi milenial untuk berkomitmen mewujudkan lingkungan bersih sampah melalui tiga cara yaitu pledging di microsite Bank DBS Indonesia, yang akan langsung terhubung ke media sosial. 

Setiap satu dukungan atau pledging akan dihargai senilai Rp1.000,00. Dana yang terkumpul kemudian akan digunakan untuk mendukung program edukasi dan pengentasan masalah sampah di Indonesia.

Terdapat tiga cara pledging yang dapat dilakukan untuk berpartisipasi dalam gerakan tersebut.

Pertama dengan menekan pilihan ‘Dukung Sekarang’ yang juga akan terhubung langsung dengan media sosial pendukung dalam bentuk pledging.

Kedua, masyarakat dapat memilih dan men-download template pledging yang ingin mereka pilih pada website, meng-upload template ke media sosial yang dimiliki beserta pesan kebaikan yang tertera pada website dengan tagar #RecyclemoreWasteless #IndonesiaBersihSampah2025, dan membagikannya kepada tiga teman. Ketiga, masyarakat juga dapat mendukung gerakan ini dengan mengunggah foto kreasi masing-masing dengan ketentuan yang sama dengan cara kedua.

Masyarakat yang berkomitmen dalam mendukung gerakan dengan postingan terbaik berkesempatan untuk memenangkan paket #TravelForGood, sebuah pengalaman travelling sambil volunteering ke destinasi wisata di Indonesia untuk tiga orang pemenang. 

“Gerakan ini melibatkan seluruh generasi di Indonesia terutama milenial untuk lebih kritis terhadap lingkungan sekitar seperti melaporkan penumpukan sampah yang ilegal. Melalui gerakan ini, kami sebagai institusi perbankan ingin mengajak masyarakat Indonesia khususnya generasi milenial untuk lebih memaknai hidup dengan cara peduli pada lingkungan,” ujar Mona Monika, Executive Director, Head of Group Strategic and Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia.

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait