Plat Mobil B 2024 Agus Yudhoyono Ramai Dibicarakan, Ini Makna Sebenarnya

TEMPO | 3 Mei 2019 | 10:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Plat mobil B 2024 AHY ramai diperbincangkan karena plat itu menempel di mobil Toyota Land Cruiser hitam yang ditumpangi Agus Yudhoyono saat berkunjung ke Istana untuk bertemu Presiden Joko Widodo, kemarin. Ketua Yayasan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ni Luh Putu Caosa Indryani menjelaskan, kendaraan yang digunakan oleh Agus Yudhoyono itu milik Yayasan AHY atau AHY Foundation.

Mobil itu resmi terdaftar di kepolisian dan Samsat Jakarta Selatan. "Selain kendaraan ini, ada juga kendaraan milik yayasan lain dengan jenis yang sama berplat nomor B 2045 AHY," kata Osa lewat keterangan tertulis pada Jumat, 3 Mei 2019.

Penggunaan plat nomor khusus ini, Osa mengatakan, sebenarnya untuk memudahkan mengingat kendaraan milik yayasan saja. Sedangkan makna 2024 dan 2045 adalah tahun AHY sebagai pendiri Yayasan akan memulai program SDM Indonesia Emas untuk mempersiapkan manusia-manusia unggul Indonesia yang kompeten, berintegritas dan memiliki kecintaan pada NKRI. Program itu dimulai 2024 dan diakhiri dengan tonggak sejarah pertama pada 2045.

Osa mengatakan program SDM unggul Indonesia Emas ini menitikberatkan bukan hanya kepada metode bangku sekolah formal, tetapi juga menitikberatkan kepada metode penugasan lapangan dengan misi-misi dan sasaran-sasaran tertentu dalam memajukan bangsa dan negara. "Perencanaan program sudah dimulai dari tahun 2017, sejak Yayasan AHY didirikan," ujar Caosa.

Beberapa Universitas di Australia, Singapura dan Tiongkok, ujar Caosa, juga sudah meminta AHY mengirim pemuda pemudi terpilihnya ke universitas terbaik di negara itu. Rencana implementasi program akan direalisasikan pada tahun 2020 sebagai pilot project. "Akan ada penyempurnaaan, sebelum memulai program pada 2024.” Setelah 2045, program akan diteruskan oleh generasi penerus sebagai program yang berkelanjutan.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait