Anies Baswedan Tak Mengira Peristiwa Pesan Ambulans untuk Ibunya Jadi Viral

TEMPO | 7 Mei 2019 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anies Baswedan tak mengira kisahnya memesan ambulans untuk sang ibu, Aliyah Rasyid, viral dan jadi perbincangan di media sosial. Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan saat memesan ambulans di layanan nomor darurat 112 adalah murni karena membutuhkannya.

"Saya tidak mengira ada yang menulis itu. Dan kalau saya telepon minta bantuan ambulans, ya saya kontak sebagai orang yang membutuhkan ambulans, tidak penting jabatannya apa," ujar Anies Baswedan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa, 7 Mei 2019.

Anies Baswedan membutuhkan ambulans karena kondisi ibunya tak memungkinkan dibawa menggunakan mobil biasa. Anies bercerita sang ibu mengalami sakit spinal cord atau permasalahan saraf tulang belakang. Kondisi itu membuat Aliyah sama sekali tak bisa bergerak. Sehingga, menurut Anies, pengangkutan ibunya menuju rumah sakit memerlukan penanganan medis profesional.

"Jadi dilayani dicek jantung, tekanan darah, dicek apakah ada masalah-masalah yang genting baru kemudian dibawa, dan saya ikut sama-sama ambulan sekitar jam 11 malam," ujar Anies Baswedan.

Peristiwa Anies Baswedan memesan ambulans untuk ibunya itu viral di media sosial. Salah seorang petugas command control ambulance (CCA) tak menyangka yang memesan ambulan Anies Baswedan. Sebab di sambungan telepon, Anies tak menjelaskan jabatannya.

Anies menjelaskan standar pelayanan yang didapatkan dari CCA sama seperti yang didapat masyarakat umumnya. Ia berharap standar tersebut dapat terus diterapkan oleh CCA. "Siapa pun harus dapat pelayanan yang sama dan cepat. Saya senang bahwa tim itu merespon cepat dan profesional," kata dia.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait