Tiket Pesawat Mahal, Mudik dengan Naik Bus Bisa Lebih Hemat

TEMPO | 17 Mei 2019 | 16:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kepala Manajemen Pertumbuhan Traveloka, Iko Putera mengatakan untuk mudik Lebaran tahun ini, pertumbuhan jumlah penumpang bus antar-kota naik sampai 300 persen dibanding periode normal. Mahalnya tiket pesawat untuk rute penerbangan domestik membuat peminat moda transportasi bus meningkat.

"Tahun ini permintaan terhadap moda transportasi darat meningkat, khusus untuk moda transportasi kereta jumlah peminatnya naik sampai 30 persen," kata Iko Putera saat jumpa media di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019. Layanan perjalanan online Traveloka juga mengkalkulasi perbandingan pengeluaran untuk ongkos mudik menggunakan bus dan pesawat.

Naik bus untuk mudik Lebaran dari Jakarta ke Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang bisa menghemat ongkos sampai Rp 950 ribu dibanding menggunakan pesawat, Iko Putera menjelaskan. Harga tiket bus mulai Rp 280 ribu hingga Rp 350 ribu dari Jakarta ke beberapa kota tadi. Sedangkan harga tiket pesawat dari Jakarta ke tujuan yang sama bisa mencapain jutaan rupiah.

Apalagi sekarang fasilitas di dalam bus juga semakin menunjang kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh. Iko Putera menjelaskan, bus antar-kota saat ini sudah memiliki layanan standar, di antaranya penyejuk udara, menyediakan makanan, bagasi yang besar, sampai selimut. "Naik bus juga lebih enak karena bisa melihat pemandangan di sepanjang perjalanan," ujar Iko.

Traveloka menawarkan rute dan jadwal bus eksklusif mudik Lebaran untuk rute Jakarta - Yogyakarta - Solo dan Jakarta - Surabaya - Malang. Ada juga berbagai program promosi untuk semua moda transportasi termasuk diskon sampai Rp 100 ribu untuk pembelian tiket bus.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait