Presiden Jokowi Tak Akan Beri Toleransi Pelaku Kerusuhan yang Ancam NKRI

TEMPO | 22 Mei 2019 | 23:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Jokowi mengatakan tidak akan memberikan toleransi kepada siapapun, termasuk pelaku kerusuhan yang mengganggu keamanan negara. "Kita tidak akan memberikan ruang untuk rusuh-rusuh yang akan merusak NKRI," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.

Presiden Jokowi mengatakan dirinya membuka diri untuk bersama-sama membangun dan memajukan negara. Namun, ia tidak akan menoleransi siapapun yang mengancam keamanan negara.

Jokowi mengatakan, TNI dan Polri akan bertindak tegas kepada para pelaku kerusuhan sesuai aturan hukum berlaku. Jokowi mengatakan bahwa situasi saat ini masih terkendali. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. "Dan saya mengajak mari kita merajut kembali persatuan kita, merajut kembali persaudaraan kita, kerukunan kita, karena Indonesia adalah rumah kita bersama," katanya.

Sejak kemarin, Selasa, 21 Mei 2019, massa menggelar aksi protes hasil Pilpres 2019 di kawasan kantor Badan Pengawas Pemilu. Malam selepas tarawih massa sempat membubarkan diri, tetapi kemudian berdatangan menjelang tengah malam. Polisi berusaha memukul mundur massa ke kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Polisi sempat melepaskan gas air mata dan menembakkan senapan, sedangkan massa membalas dengan petasan dan kembang api. Sejumlah orang tak dikenal juga membakar mobil-mobil yang diparkir di depan asrama Brigade Mobil, Petamburan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pagi tadi meninjau ke sejumlah lokasi. Anies menyebut enam orang meninggal akibat bentrokan massa aksi dengan polisi kemarin malam dan 200 orang luka-luka.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait