Presiden Jokowi Kembali Undang Pedagang Korban Penjarahan 22 Mei ke Istana

TEMPO | 27 Mei 2019 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini, 27 Mei 2019, Presiden Jokowi kembali mengundang korban penjarahan saat kerusuhan 22 Mei ke Istana Negara, Jakarta. Kali ini Jokowi bertemu dengan Usma, 64 tahun, yang dagangan di warungnya ludes dijarah massa.

Tiba di Istana sekitar pukul 10.00, Usma menuturkan saat kerusuhan terjadi semua dagangannya seperti rokok, minuman, dan makanan habis diambil massa. “Kerugian mencapai Rp 20 juta,” kata Usma. Bak pejabat, Usma diantar personel Pasukan Pengamanan Presiden dengan mobil golf untuk menuju Istana Merdeka. Pertemuan berlangsung tertutup selama 30 menit.

Setelah pertemuan dengan Presiden Jokowi, Usma bercerita Presiden memberinya hadiah berupa tiga helai pakaian. Dalam sebuah pemberitaan disebutkan jika pakaian Usma yang diletakkan di Pos Polisi Jalan Sabang ikut ludes saat massa Aksi 22 Mei membakar pos itu. "Ini jadi gantinya baju saya aja, kan, habis (terbakar)."

Presiden Jokowi memberi uang untuk modal usahanya. Namun ia enggan membeberkan berapa uang yang ia terima. "Adalah," ujarnya. Menurut Usma, Jokowi berpesan agar dia mau melanjutkan usahanya meski pernah dijarah massa. Ia menyanggupi dan berencana kembali berdagang seusai lebaran.

Jokowi sebelumnya juga telah mengundang dua pedagang yang menjadi korban penjarahan dalam kerusuhan 22 Mei 2019 pada Jumat pekan lalu, 24 Mei 2019. Kedua pedagang itu adalah Abdul Rajak, 62 tahun dan Ismail, 68 tahun. Abdul Rajak adalah pedagang rokok dan minuman di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat. Adapun Ismail penjual mie instan dan kopi di dekat Pos Polisi Jalan Sabang.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait