SBY Cerita AHY Secara Ksantria Menerima Kekalahan

TEMPO | 28 Mei 2019 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), bercerita tentang sikapnya dan putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang mau mengakui kekalahan dalam beberapa kontestasi politik.  Hal ini ia sampaikan lewat rekaman video kontemplasi Ramadan yang diputar dalam acara buka puasa bersama pengurus DPP Partai Demokrat, di kediamannya, Jalan Mega Kuningan Timur, Jakarta, Senin, 27/5.

SBY menuturkan ia pernah kalah dalam pemilihan wakil presiden 2001. Namun beberapa saat setelah kalah, ia mau mengakuinya dan menyampaikan selamat kepada wakil presiden terpilih (Hamzah Haz). "Selanjutnya saya minta para konstituen mendukung Wapres terpilih tersebut," kata dia.

SBY menuturkan hal sama ia lakukan saat pemilihan legislatif 2014. Saat itu ia mau mengakui hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menempatkan Partai Demokrat di urutan ke-4. "Saya menerima hasil quick count dan saya ucapkan selamat kepada tiga partai politik yang perolehan suaranya di atas Partai Demokrat.”

Selain itu, presiden Indonesia ke-6 ini mencontohkan sikap AHY di pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017. Kalah saat putaran pertama, kata dia, AHY juga segera mengakuinya dan mengucapkan selamat kepada pesaingnya, pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Banyak cerita mengapa AHY kalah dalam pemilihan gubernur kala itu, namun secara ksatria menerima kekalahan," ujar dia.

SBY pun mengimbau kader-kadernya untuk melakukan hal sama dalam menyikapi Pemilu 2019. Seperti diketahui, perolehan suara Partai Demokrat dibandingkan Pemilu 2009 menurun dari 10 persen menjadi 7,7 persen. "Para kader secara ksatria kita harus menerima hasil pemilu itu," ujarnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait