Demi Keselamatan, Grab Wajibkan Penumpang Selfie Sebelum Dilayani Mulai 12 Juli

TEMPO | 10 Juni 2019 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perusahaan transportasi online, Grab di Malaysia akan memberlakukan peraturan baru yakni mewajiban penumpang untuk mengirimkan foto selfie demi keselamatan supir dan penumpang.

Grab memberlakukan kewajiban penumpang foto selfie mulai 12 Juli mendatang. Jika penumpang menolak, maka supir Grab tidak akan memberikan pelayanan.

Verifikasi dengan berfoto selfie, mengutip laporan Asia One, 8 Juni 2019, sebagai bagian dari teknologi pengenalan wajah, yang menjadi instrumen membantu polisi menyelidiki misalnya dalam kasus pembunuhan penumpang Grab pada Mei lalu.

"Kami telah memperkenalkan verifikasi penumpang via selfie sebagai bagian dari upaya kami membangun platform perlindungan bagi anda dan supir mitra kami," ujar Grab dalam pernyataan di situs resminya.

Untuk menghindari terjadi identitas palsu, Grab juga akan meminta penumpang menyerahkan foto selfie lainnya untuk verifikasi identitas mereka jika dibutuhkan.

Grab menjamin penumpang bahwa identitas dan informasi pribadi aman tidak akan dibagikan dengan supir dan pihak lainnya.

Grab membuktikan ampuhnya penggunaan selfie untuk mengungkap kejahatan. Baru-baru ini dua tersangka perampok dan pembunuh pengemudi Grab di Tuaran, Sabah, telah ditangkap.

Penggunaan selfie sebagai salah satu teknologi pengenalan wajah pertama kali diumumkan bersama-sama dengan Menteri Transportasi Anthony Loke pada April lalu.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait