Tokopedia Bersama GoApotik Permudah Masyarakat Beli Obat

Redaksi | 21 November 2019 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perusahaan teknologi Tokopedia hari ini (21/11/19) mengumumkan kemitraan strategis dengan GoApotik untuk mempermudah masyarakat mendapatkan obat-obatan serta perlengkapan kesehatan.

AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap, mengungkapkan, Tokopedia selalu berkolaborasi dengan para mitra strategis kami untuk mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk di bidang kesehatan. 

“Kami berharap mitra apotek ini, yang merupakan pegiat UMKM, dipermudah untuk menciptakan peluang lewat berbisnis di Tokopedia, sehingga masyarakat Indonesia dapat menikmati manfaat, keamanan serta kemudahan dari produk obat dan perlengkapan kesehatan di platform Tokopedia," kata Jessica Stephanie Jap, dalam rilis yang kami terima.

Masyarakat juga dapat menebus resep dokter secara online melalui pengunggahan resep pada fitur Chat bersama apoteker setelah melakukan pembayaran. Resep yang diterima akan diperiksa keaslian dan keabsahannya oleh apotek mitra dari GoApotik. Setelah itu, apotek mitra akan membantu menyiapkan obat sesuai resep dan melakukan pengantaran obat bersama mitra logistik Tokopedia ke alamat pembeli. 

GoApotik adalah platform aggregator Apotek Online dari PT Global Urban Esensial, salah satu digital healthcare startup, yang di-funded oleh, salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, yang memegang lisensi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dan telah menerapkan prinsip-prinsip penyaluran dan pelayanan kefarmasian khususnya obat-obatan melalui e-commerce, salah satunya Tokopedia.

Head of GoApotik, Mohamad Salahuddin, menjelaskan kerja sama antara GoApotik dan Tokopedia ini adalah langkah strategis untuk bersama-sama menghadirkan pelayanan kefarmasian dan penjualan obat-obatan oleh apotek yang resmi dan obat yang berizin edar serta meningkatkan eksistensi apotek dan peran apoteker di Indonesia di era digital. 

Tokopedia juga telah bekerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran, pengiriman, promosi, serta iklan penjualan obat dan makanan di platform Tokopedia.

“Kami menyambut baik langkah Tokopedia dan GoApotik untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan berupa obat bebas," ungkap Kepala Badan POM RI, Dr. Penny K. Lukito.

Kerja sama Tokopedia bersama GoApotik diharapkan dapat membantu masyarakat terhadap akses obat-obatan yang lebih pasti, mudah dan aman, juga dapat membantu pelaku usaha apotek kecil di seluruh Indonesia, untuk meningkatkan daya saing dan pengembangan bisnis  dengan menjangkau pelanggan dan pasien lebih luas lagi.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait