Hoaks, Presiden Jokowi Kejang Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

Redaksi | 16 Januari 2021 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seorang pengguna Facebook dalam forum Tetap Jokowi mengunggah narasi yang menyatakan bahwa Presiden Jokowi mengalami kejang dan meninggal dunia setelah disuntik vaksin Covid-19 pada 13 Januari 2021 lalu. Narasi itu diunggah pada 13 Januari 2021 pukul 17:09.

Padahal seperti bisa dilihat, Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, mengaku tidak merasakan efek lain selain sedikit pegal setelah divaksin. Jokowi juga sempat mengunggah kartu vaksinasi miliknya melalui akun Facebook serta Twitter resminya pada 13 Januari 2021 pukul 21:54, beberapa jam setelah narasi tersebut beredar. 

Pada 15 Januari 2021 Jokowi juga terlihat membuka acara Rapat Koordinasi Nasional III Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube MN KAHMI OFFICIAL. 

Di kesempatan lain Presiden Jokowi juga sempat memberikan pernyataan terkait bencana di Sulawesi Barat dan Jawa Barat melalui akun Facebook resminya, Presiden Joko Widodo, serta kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jadi narasi yang diunggah oleh seorang pengguna Facebook Budi Ansyah dalam forum Tetap Jokowi tersebut dapat dikategorikan sebagai Satire, berita palsu alias hoaks.

Artikel ini diambil dari laman satgas covid19.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait