Aplikasi Charge.In Buatan PLN untuk Kendaraan Bermotor Listrik Diapresiasi Menhub

Redaksi | 30 Januari 2021 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi PLN yang telah meluncurkan aplikasi Charge.In. Aplikasi ini diharapkan bisa memberikan kemudahan pengguna kendaraan bermotor listrik mengisi ulang daya listrik di tempat-tempat pengisian daya yang disediakan dan bekerjasama dengan PLN. Charge.In adalah aplikasi stasiun pengisian daya kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang dipersembahkan PLN untuk terus meningkatkan ekosistem pemakaian kendaraan listrik sekarang hingga masa depan.

"PLN yang mendukung terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dengan terus membangun infrastruktur maupun sistem pendukung lainnya," jelas Menhub saat menghadiri peluncuran aplikasi Charge In secara virtual, Jumat (29/01).

Ini sejalan dengan upaya Pemerintah mengajak masyarakat mengurangi penggunaan BBM dan meningkatkan kualitas udara di Indonesia serta mensosialisasikan Perpres nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

Budi Karya Sumadi mengajak para stakeholder dan instansi terkait untuk mendukung Perpres tersebut agar bisa terealisasi lebih cepat.

Menhub mengungkapkan, akan terus mendorong penggunaan angkutan umum bertenaga listrik dengan memberikan sejumlah insentif dan membuat kebijakan dan regulasinya. "Sebagai tahap awal, penggunaan transportasi ramah lingkungan ini bisa dimanfaatkan untuk angkutan perkotaan seperti Transjakarta, Damri, dan sebagainya," jelas Budi Karya Sumadi.

Artikel ini diambil dari laman dephub.go.id

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait